Solusi Pembelajaran Online, Dosen UNILAK Beri Pelatihan Guru di SMKN 8 Pekanbaru

84

PEKANBARU – Meningkatkan keterampilan dalam membuat dan mengelola media pembelajaran berbasis online saat ini merupakan hal yang sangat penting bagi guru-guru khususnya di SMK Negeri 8 Pekanbaru.

Keterampilan ini tentunya akan sangat mendukung kebijakan yang telah ditetapkan oleh Menteri Pendidikan dan Kebudayaan RI, Nadiem Makarim beberapa waktu lalu sebagai dampak dari merebaknya Covid-19 (Corona Virus Disease) di dunia.

Saat ini, guru di SMK Negeri 8 Pekanbaru dituntut untuk tidak hanya mampu mengelola akan tetapi juga mampu berinovasi dalam membuat media pembelajaran berbasis online yang variatif dan kreatif yang tentu dapat digunakan untuk meningkatkan proses pembelajaran.

Tujuannya adalah agar siswa merasa tertarik dalam mengikuti pembelajaran dan meningkatkan hasil belajar mereka.

Tim dosen pelaksana kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat dari Universitas Lancang Kuning (Unilak) yang diketuai oleh Refika Andriani, M.Pd, dengan anggota Bayu Febriardi, M.Kom, dan Mar’atul Afidah, M.Pd tergerak untuk memberikan sebuah pelatihan bagi guru-guru di SMK Negeri 8 Pekanbaru untuk dapat membuat media pembelajaran online dengan menggunakan applikasi webquest.

Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan guru-guru tersebut dalam membuat dan mengelola pembelajaran online yang dapat digunakan selama masa Belajar Daring ini.

Harapannya, guru-guru mampu membuat dan mengelola serta menggunakan media pembelajaran yang variatif sehingga dapat menghilangkan kebosanan bagi siswa yang mengikuti pembelajaran daring dari rumah.

Kegiatan ini telah dilaksanakan pada 19 Agustus 2020 di SMK Negeri 8 Pekanbaru dengan diikuti oleh 10 orang guru.

“Kegiatan dilaksanakan dalam 3 sesi; pemaparan materi terkait dengan pembelajaran daring, pembuatan media webquest oleh guru-guru disertai pendampingan oleh tim, dan evaluasi,” jelas Refika Andriani, Selasa (29/09/2020).

Selama kegiatan berlangsung, guru-guru di SMK Negeri 8 terlihat sangat antusias dalam membuat media pembelajaran webquest dan Kegiatan ini disambuat sangat baik oleh para guru di SMK Negeri 8 Pekanbaru.

Menurut Padmi Riana, selaku wakil kepala sekolah bagian kurikulum mengatakan, kegiatan ini dinilai sangat bermanfaat dan menunjang keterampilan para guru dalam melaksanakan kegiatan pembelajaran di masa pandemic covid-19 ini.

“kedepannya, kegiatan yang serupa diharapkan dapat kembali dilaksanakan di SMK Negeri 8 Pekanbaru untuk lebih memantapkan keterampilan para guru kita dalam membuat dan mengelola serta menggunakan media pembelajaran online,” imbuh Padmi Riana.

Lanjut Padmi, intinya kegiatan pelatihan yang ditaja oleh tim dosen dari Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) dan Fakultas Ilmu Komputer (Filkom) Universitas Lancang Kuning (Unilak) ini dinilai sangat bermanfaat dan memotivasi para guru di sekolah mitra.

“hal ini tampak dari antusiasme para guru dalam mengikuti kegiatan tersebut, sehingga di akhir pelatihan, guru-guru kita dapat menghasilkan sebuah media pembelajaran webquest yang dapat digunakan dalam pembelajaran online selama masa pandemic ini,” tutup Padmi Riana