Serius Tangani Covid-19, Pemkab Rohul Rencana Sewa Dua Gedung Untuk Pasien OTG

PASIRPENGARAIAN – Bentuk keseriusan Pemerintah Kabupaten  (Pemkab) Rokan Hulu dalam penanganan pasien covid-19 di Negeri Seribu Suluk, Sekda Rokan Hulu Abdul Haris mengatakan, Pemkab Rohul berencana memanfaatkan sejumlah instalasi kesehatan.
Dalam wawancara bersama Sekda, Abdul Haris menjelaskan tentang perencanaan Pemkab Rohul dalam memanfaatkan bangunan beberapa rumah sakit energi, Rumah Sakit Torganda di Tambusai Utara dan Klinik Kesehatan di Ujung Batu.
“Nantinya, kedua bangunan itu akan dimaksimalkan untuk fasilitas instalasi pasien covid-19 berstatus OTG,” jelas Sekda, Rabu (30/09/2020).
Lanjut Sekda, Pemkab Rohul juga telah mengirimkan surat permohonan sewa pakai bangunan terkait pemanfaatan bangunan RS milik PT Torganda di Tambusai Utara dan Klinik Kesehatan di Ujung Batu.
Diakui Sekda, persetujuan sewa gedung di Tambusai Utara telah didapatkan pemkab Rohul secara lisan, Namun, terkait detail sewa pakai dan  kesepakatan pengeluaran sewa bangunan belum didapatkan secara tertulis.
“Besaran angka sewa pakai bangunan yang berfasilitas 42 Kamar tersebut kita belum dapat. Mudah-mudahan dalam waktu dekat kita sudah dapatkan, sedangkan untuk gedung klinik di Ujung batu juga sama,” ungkapnya.
Sekda memaparkan, untuk mematangkan rencana sewa pakai tersebut, Pjs Bupati Rokan Hulu, Masrul Kasmy akan melakukan peninjauan kelayakan fasilitas di RS milik PT Torganda itu.
“Kalau tak ada halangan, siang ini Pjs Bupati Rokan Hulu akan meninjau lokasi rumah sakit di Tambusai Utara,” sampainya.
Dalam kesepakatan sewa pakai bangunan kesehatan baik RS Torganda maupun Klinik di Ujung Batu, Abdul Haris mengatakan, akan dibayarkan oleh Pemkab, Hal ini karena kedua instalasi itu sudah berstatus tidak aktif.