16 Ribu Pemilik UMKM di Rohul Mendaftar Sebagai Penerima BLT UMKM

PASIRPENGARAIAN – Sejak Mei hingga Pertengahan Oktober 2020, sebanyak lebih kurang 16 ribu pemilik Usaha Micro Kecil Menengah (UMKM) di Kabupaten Rokan Hulu mendaftar sebagai calon penerima BLT UMKM oleh Kementrian Koperasi Republik Indonesia.
Hal ini disampaikan Kepala Diskoptrans Naker Rohul Zulhendri, melalui Kepala Bidang Koperasi Diskoptrans Naker Rohul Rokhadi SP, Selasa (20/10/2020).
Disampaikan Rokhadi, Pada Mei 2020 sekitar 3.000 pemilik UMKM di Rohul mengajukan diri sebagai penerima BLT UMKM  namun, setelah diverifikasi, hanya 1.857 UMKM yang lolos atau diterima.
“Untuk yang melakukan verifikasi itu, langsung dari pihak kementerian Koperasi Republik Indonesia, sedangkan kami hanya mendata saja,”jelas Rokhadi.
Selajutnya, pada Agustus hingga pertengahan Oktober 2020, Diskoptrans Naker Rohul kembali mengusulkan calon penerima BLT UMKM sekitar 13 ribu UMKM.
“Jadi, hingga sampai saat ini sudah 16 ribu UMKM yang kita usulkan untuk mendapatkan bantuan sebesar Rp 2,4 juta tersebut,” ungkap Rokhadi.
Diakui Rokhadi, informasi terkait bantuan BLT UMKM sudah lama disampaikan kepada pemerintah Desa melalui intruksi Bupati Rokan Hulu, namun disayangkan beberapa Desa tidak melakukan pendataan.
“Begitu ada informasi pencairan di bulan Mei, beberapa warga datang ke Kantor kita dan mengaku tidak tahu informasi tersebut,” jelasnya.
“Banyak warga kecewa karena di Daerahnya tidak ada pendataan oleh pihak Desa,” tambahnya.
Disampaikan Rokhadi, sebagian besar pelaku UMKM yang diajukan Diskoptrans Naker Rohul adalah pedagang kuliner dan jasa yang memenuhi persyaratan.