Peringatan Hari Santri di Rohul Digelar Secara Vidcon

80
PASIRPENGARAIAN – Berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya, Peringatan puncak Hari Santri 2020 di Kabupaten Rokan Hulu (Rohul) digelar melalui video conference atau Vidcon, Jumat (23/10/2020).
Hal ini dikarenakan Pandemi Virus Corona (Covid-19) yang melanda penjuru Dunia, terutama di Negeri Seribu Suluk yang tak kian usai.
Disampaikan Ketua Maahid Islamiyah (RMI) Kabupaten Rohul, Zainal Arifin mengatakan, Peringatan Hari Santri 2020 seluruh Pondok Pesantren (Ponpes) di Kabupaten Rokan Hulu dipusatkan di Ponpes Salafiya Babussalam, Desa Dayo, Kecamatan Tandun. 
Diperingatan hari Santri 2020 ini, mengangkat tema “Santri Sehat Indonesia Kuat” dimulai Rabu pagi (21/10/2020), dengan acara dzikir, dan dilanjutkan malam harinya yaitu shalat istighotsah, dan doa bersama.
“Jadi semua rangkaian acara selama dua hari ini tetap menerapkan protokol kesehatan (Prokes), sesuai anjuran pemerintah,” ungkap Arifin.
Arifin mengaku awalnya acara akan dihadiri para tokoh Nahdatul Ulama (NU), namun karena mantan Ketua NU Kabupaten Rohul H Muhidin meninggal dunia, maka acara digelar secara sederhana.
Karena bertepatan pandemi Covid-19, Hari Santri 2020 yang diprakarsai RMI Kabupaten Rohul juga hanya dihadiri sejumlah pengurus NU, salah satunya KH Achmad Suhada sebagai Mutasyar NU Kabupaten Rohul, sekaligus Pengasuh Ponpes.
“Karena sedang pandemi, maka Hari Santri tahun ini dilaksanakan di masing-masing pesantren, dan tingkat Rohul dipusatkan di Ponpes Salafiyah Babussalam,” jelas pria yang akrab disapa Arifin ini.