“1001 Mutiara Rokan Hulu”, Wanita Pesepeda Itu Pahlawan Pendidikan Sesungguhnya

1329
PASIRPENGARAIAN – Sri Eni Sugiharti dikenal sebagai perempuan pejuang pendidikan di Kabupaten Rokan Hulu. Dia mencurahkan seluruh tenaga, pikiran, dan waktu untuk memperjuangkan dan mengabdikan dirinya demi terselenggaranya pendidikan bagi anak-anak di Kabupaten Rokan Hulu.
Wanita berparas keibuan ini telah mendedikasikan dirinya selama 15 tahun sebagai guru honor komite di SD Negeri 015 Marga Mulia kecamatan Rambah Samo tanpa kenal lelah, meski usianya telah memasuki 51 tahun.
Selain bertugas mencerdaskan anak anak bangsa, dia juga aktif mengembangkan kegiatan soft skill siswa dalam bidang pramuka, seni dan budaya serta telah berpartisipasi secara aktif di lingkungan Desa Marga Mulia kecamatan Rambah Samo dalam kegiatan Dasa Wisma, PKK dan sebagainya.
Pengabdiannya di bidang Pendidikan dapat dilihat dari cita-cita luhurnya yang ingin tetap menjadi tenaga pendidik dengan gaji yang sangat minim.
Dia mengaku bahwa gaji yang ia peroleh sebenarnya tidak cukup untuk memenuhi kebutuhan keluarga. Tetapi, itu bukanlah sebuah penghalang untuk mengabdi.
“Mengabdi dengan gaji yang sangat minim sebagai tanda kepedulian terhadap sesama khususnya anak-anak. apa guna kita sekolah tinggi-tinggi kalau ilmu yang kita dapat tidak kita bagikan serta turunkan kepada orang lain,” jelasnya.
Sri Eni Sugiharti berangkat mengajar ke sekolah setiap harinya menggunakan sepeda tua miliknya. Dengan sepeda tua tersebut, ia pergi berangkat ke sekolah yang berjarak cukup jauh dari rumahnya.
Walaupun menggunakan sepeda, dia selalu tepat waktu, sebelum pukul 07:00 WIB Erni sudah tiba disekolah. Setiba di sekolah dia langsung mengambil sapu dan memanggil seluruh peserta didik yang sudah berada disekolah, kemudian mengarahkan mereka semua untuk membersihkan kelas dan pekarangan sekolah. Begitulah yang ia lakukan setiap harinya.
“Tujuannya melakukan kegiatan ini adalah bermaksud untuk melakukan pendekatan kepada peserta didik,” tambah Eni.
Sri Eni Sugiharti merupakan seseorang yang berdedikasi tinggi. Dedikasi yang tinggi mampu menghantarkannya menoreh sejumlah prestasi yang mampu membuat namanya semakin dikenal masyarakat luas.
Dia berhasil meraih prestasi diantaranya juara I paduan suara ibu ibu PKK, juara II fashion show (pembina), pembina polisi cilik, pembina pramuka, pembina UKS, Juara I pada acara UPP Award Aktifis Perempuan yang deselenggarakan bersempena dengan Dies Natalis UPP ke IX dan sebagainya.
Selain itu, Sri Eni Sugiharti juga telah berpartisipasi secara aktif di lingkungan Desa Marga Mulia kecamatan Rambah Samo dalam kegiatan dasa wisma, PKK dan sebagainya.
Dia berhasil membentuk beberapa kelompok seni budaya berupa gamelan yang dipersiapkan untuk memenuhi tuntutan dan mengiringi sebuah pertunjukan yang akan dilaksanakan.
Untuk membentuk kelompok ini dia meminta izin kepada 4 kadus yang ada di Desa Marga Mulya untuk menseleksi masyarakat yang akan mengikuti latihan gamelan di setiap RT nya sebanyak 24 RT. Dimana ia akan mengambil 1 orang perwakilan per-RT nya untuk mengikuti latihan.
Tidak hanya meminta izin dan membentuk kelompok seni gamelan, Sri Eni Sugiharti memiliki bakat seni yang sangat mantap dan tidak diragukan lagi, bahkan ia menjadi pelatih seni gamelan tersebut. Tujuannya membentuk kelompok ini adalah mempertahankan seni tradisi dari kepunahan akibat kemajuan zaman.