Tim PKM UPP Laksanakan Pengabdian di Desa Rambah Hilir

PASIRPENGARAIAN – Kelompok kemitraan masyarakat Universitas Pasir Pengaraian yang diketuai Nurhayati, SE, M.Si laksanakan program kemitraan masyarakat berupa inovasi mesin pemasak dodol otomatis, Dodol Rasa buah naga sekaligus Pemasaran produk.

Nurhayati selaku ketua pelaksana PKM ini menjelaskan bahwa kegiatan ini merupakan bentuk kepedulian mereka terhadap masyarakat dan menjawab permasalahan yang ada di masyarakat, salah satunya pedagang cendol yang memproduksi serta menjalankan usaha secara tradisional yang masih menghasilkan rasa yang sama seperti biasanya.

“PKM (Progam Kemitraan Masyarakat) ini merupakan bentuk kepedulian kita terhadap masyarakat, Dimana salah satu mitra kita bekerja membuat cendol secara manual, Kita bantu dengan usulan membuat mesin yang diberi nama Jellydol dan memasarkan Secara online serta masih menghasilkan rasa yang baru yaitu rasa Buah Naga, Alhamdulillah usulan kita dari program studi Akuntansi didanai” Jelas Nurhayati, Minggu (08/11/2020).

Nurhayati, SE, M.Si yang juga dosen sekaligus kepala program studi akuntansi Universitas Pasir Pengaraian juga menjelaskan bahwa program ini menjadi jawaban permasalahan mitra PKM ini dan berterimakasih kepada ristekdikti dan mitra.

“Dengan adanya program ini Alhamdulillah mitra kita sangat terbantu dengan program dari dikti ini, Baik secara sosial maupun pelaksanaan usaha,” Ujar, Nurhayati.

Dia juga menjelaskan bahwasanya kegiatan ini telah terlaksana 100 persen dimana awalnya telah di buat alat untuk pelaksanaan 70 persen.

“Alhamdulillah sudah selesai 100 persen setelah kita membuat mesin, Kini sudah selesai sampai, pemasaran, packaging, Pembuatan laporan keuangan, dan menghasilkan produk jellydoll rasa buah naga dan daun pandan,” Jelas Nurhayati.

Dalam kesempatan yang sama, Nurhayati selaku ketua pelaksana berharap mitra yang menjadi sasaran mendapatkan dampak sosial maupun ekonomi yang baik. Dampak yang diharapkan berupa kemudahan produksi, Pengelolaan keuangan dan tambahan varian Rasa.

“Harapan kita setelah adanya program ini mitra dapat meningkatkan penghasilan serta pekerjaan yang ditekuni semakin berkembang dan maju dalam berbagai sektor,” Ucap Nurhayati.

Mitra usaha yaitu murniati merasa bersyukur atas program ini serta mengucapkan terimakasih kepada Ristekdikti dan tim PKM UPP yang telah memberikan trobosan kepadanya.

“Terimakasih tentunya kami ucapkan kepada tim yang telah menunjukkan kepedulian terhadap kami sebagai mitra, Terobosan ini sangat membantu kami dalam melaksanakan kegiatan usaha” Ujar Murniati

Menutup wawancara, program kemitraan masyarakat yang dilakukan Nurhayati selaku ketua pelaksana PKM ini berterimakasih kepada Universitas Pasir Pengaraian dan Ristek Dikti yang telah menyediakan program.

“Terimakasih kepada kampus UPP dan Ristek Dikti yang sudah menyiapkan program ini, Sehingga kami bisa membantu masyarakat, ” Tutup Nurhayati.