AMBU Desak Kampus Transparan Terkait Uang UPP yang Dipakai Hafith Syukri dan Kelompok

653
PASIRPENGARAIAN – Bentuk Kekecewaan Mahasiswa terhadap transparansi keuangan Universitas Pasir Pengaraian (UPP) yang diduga digunakan oleh mantan ketua Yayasan Pembangunan Rokan Hulu (YPRH), Hafith Syukri dan kelompok untuk kepentingan pribadi, membuat Puluhan  Mahasiswa yang tergabung dalam Aliansi Mahasiswa Bersatu (AMBU) menggelar aksi di depan Gedung Rektorat Universitas Pasir Pengaraian, Kamis (03/12/2020), sekitar pukul 11. 00 WIB.
Terlihat dalam pantauan awak media, massa aksi membawa atribut dengan berbagai tulisan tuntutan terhadap PLT Rektor dan PLT ketua Yayasan YPRH untuk serius menangani persoalan keuangan UPP yang digunakan oleh berbagai oknum.
Salah seorang massa aksi, Gusrina yang merupakan Mahasiswi Fakultas Pertanian terlihat semangat menyuarakan tuntutan aksi di depan gerbang masuk rektorat.
“Kita menuntut terhadap pengurus YPRH dalam penyalahgunaan keuangan kampus UPP,” Ungkap Gusrina membara.

Sayangnya, dalam aksi ini, seluruh massa tidak diperkenankan masuk ke dalam lingkungan rektorat meski mereka sebagai mahasiswa UPP itu sendiri. Bahkan Pimpinan UPP, seperti PLT Rektor, Wakil rektor 1 dan 2 juga tidak terlihat menjumpai massa aksi.
Demi menyampaikan aspirasinya, Mahasiswa yang tergabung di AMB rela berpanas – panasan di depan pintu gerbang untuk menyampaikan aspirasinya.
Pengakuan Koordinator Umum (Kordum) aksi, Raden Subakti meminta ketua PLT YPRH untuk mengambil alih dan mengamankan rekening UPP dan menunjukkan bukti rekening koran YPRH tahun 2017 – 2020.
Selanjutnya menuntut Dewan pembina YPRH yang menaungi UPP untuk memberhentikan Ir. Hafith Syukri sebagai ketua YPRH, bukan dicutikan dengan alasan mahasiswa tidak lagi mempercayai pimpinan Hafith Syukri sebagai ketua YPRH kedepannya.
“Kita mendesak Dewan Pembina dan dewan pengawas YPRH untuk mengklarifikasi dan mengambil kebijakan persoalan kampus yang bergelojak, jika dibiarkan akan memberi efek buruk terhadap Kampus Kebangsaan masyarakat Rokan Hulu, UPP,” ungkapnya.
“Kemudian kita mendesak dewan pembina, dewan pengawas dan PLT ketua YPRH untuk hadir di Kampus pada Jumat 4 Desember 2020 dalam hal transparansi dana anggaran UPP semasa ketua YPRH Ir. Hafith Syukri dan rektor UPP Adolf Bastian,”Lanjut Risardi selaku Korlap Aksi.

AMB sepakat akan menunggu dan menyegel gedung Rektorat sampai Dewan Pembina, Dewan Pengawas dan PLT ketua YPRH datang ke kampus UPP.

“AMB akan usut permasalahan YPRH sampai tuntas dan hukum semua pihak yang terlibat dalam penyalah gunaan anggaran keuangan kampus,” Tegasnya.