Karena Covid-19, Haul Syekh Abdul Wahab Rokan Ke 97 DIBATALKAN

PASIRPENGARAIAN – Pandemi Covid-19 semakin meluas, Haul Tuan Guru Syekh Abdul Wahab Rokan Al-Khalidi an-Naqsabandi Besilam ke 97 dibatalkan.
Hal ini disampaikan Tuan Guru Babussalam Langkat Sumatera Utara, Syeikh Dr. Zikmal Fuad, MA melalui surat terbuka kepada seluruh jamaah se-Indonesia.
Dituliskan dalam surat tersebut, Sehubungan dengan undangan untuk memperingati HAUL Allah Yarham Tuan Guru Syekh Abdul Wahab Rokan al-Khalidi an-Naqsabandi Besilam Babussalam Langkat ke 97 tahun, yang seyogyanya akan dilaksanakan pada Selasa 5 Januari 2021 yang akan datang, dengan ini disampaikan bahwa acara tersebut dibatalkan.
Adapun alasan pembatalan agenda besar tersebut yakni, adanya pernyataan resmi Pemerintah tentang pelarangan adanya keramaian dan kerumunan lebih dari 200 (dua ratus) orang, karena pada saat ini dinyatakan Covid-19 sebagai Pandemic Global semakin meluas penyebarannya termasuk di daerah Sumatera Utara.
“Seluruh penyelenggaraan kegiatan yang dilaksanakan oleh Masyarakat yang berakibat kepada keramaian dan kerumunan yang menghadirkan banyak pengunjung diarea terbuka dan atau tertutup tidak dibenarkan guna mengantisipasi penularan Covid-19 yang sampai saat ini belum juga mereda,” tulisnya.
Kebijakan dan ketentuan ini dilakukan, mengingat area Kampung Besilam Babussalam Langkat memiliki area yang tidak memadai, dikhawatirkan tidak dapat berjalannya Protokol Kesehatan penularan Wabah Covid-19, sehingga kegiatan pelaksanaan Haul dibatalkan.
Menindaklanjuti kabar tersebut, Ismail Dt Podano Montoi selaku tokoh adat Kecamatan Kepenuhan mendukung Pembatalan pelaksanaan Haul tersebut.
“Tentunya kita mendukung keputusan tuan Guru Busilam, Syeikh Dr. Zikmal Fuad MA, sebagai jamaah thariqad Naqsabandi, diharapkan hal ini menjadi acuan dan perintah kepada seluruh jamaah untuk mentaatinya dan melaksanakannya,” jelas mantan anggota DPRD Kabupaten Rokan Hulu 3 periode tersebut, Jumat (25/12/2020)
Betapapun niat dan hajat untuk ikut serta dalam Acara puncak ini lanjut Ismail, maka dengan rendah hati kita bersabar untuk tidak hadir pada tahun ini.
“Semoga di Haul tahun 2021 dan seterusnya kita bisa ikut kembali berbagai agenda dan kegiatan dari Haul tuan guru yang kita cintai, Aamiin,” tutup Ismail.