Tingkatkan Kualitas Pendidikan, Disdikpora Rohul Jalin Kerjasama Dengan FKIP Unilak

177
PASIRPENGARAIAN – Bentuk keseriusan Pemerintah Kabupaten Rokan Hulu (Rohul) dalam meningkatkan kualitas guru dan Tridharma Perguruan Tinggi, Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (Disdikpora) Rohul menjalin kerjasama dengan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Lancang Kuning (Unilak).
Kegiatan penandatanganan MoA antara FKIP Unilak dengan Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga Rohul dilakukan pada Jumat (29/01) sekitar pukul 10.00 WIB di Kantor Dispora Rohul.
Disampaikan Dekan FKIP Unilak, Dr Herlinawati, SS M.Ed mengatakan, kerjasama dilakukan dalam rangka peningkatan mutu Pendidikan dan profesionalisme guru khususnya guru PAUD di Rokan Hulu.
“Selain itu, Kerjasama yang dijalin juga dalam bentuk pelatihan peningkatan kualitas pedagogik dan Tridharma Perguruan Tinggi,” jelas Dekan muda tersebut, Minggu (31/01).
Diakui Herlinawati, kerjasama dengan Disdikpora Rohul juga meliputi join research bagi siswa, guru dan dosen yang ada di Kabupaten Rokan Hulu.
“Ini semua kita lakukan demi meningkatkan kualitas guru PAUD yang ada di Kabupaten Rokan Hulu, karena seperti yang kita ketahui, pendidikan formal dimulai dari Usia dini, sehingga dibutuhkan seorang guru yang profesional dan berpendidikan tinggi untuk menghasilkan siswa yang berbudi pekerti dan berilmu pengetahuan,”tambah Herlina.
Lanjut wanita yang dikenal lemah lembut namun tegas itu, Kerjasama antara FKIP Unilak dengan Disdikpora Rohul juga mempermudah para guru yang belum mengenyam pendidikan S1 PG PAUD dan ingin melanjutkan pendidikan di FKIP Unilak untuk mendapatkan beasiswa.
“Kita menawarkan beberapa kategori beasiswa, diantaranya KIP Kuliah, Bidikmisi Kuliah, Bidikmisi Pemprov, Prestasi Pemprov, Baznas dan Serdos, sehingga dapat membantu para guru untuk tetap mengenyam pendidikan di FKIP Unilak nantinya,” ungkap Herlina.
Sementara itu, Kadisdikpora Rohul, Ibnu Ulya mengaku senang sekaligus mengapresiasi kerjasama yang dibangun dengan Universitas kebanggaan masyarakat Riau tersebut.
“Seperti yang kita ketahui bahwa di Rokan Hulu ini banyak PAUD swasta yang gurunya belum memenuhi kualifikasi, sehingga diharapkan bagi para guru untuk meningkatkan kualifikasi nya dengan melanjutkan pendidikan di perguruan tinggi,” ungkap Ulya.
Tambah Ulya, diharapkan kerjasama antara FKIP Unilak dengan Disdikpora Rohul dapat meningkatkan kualitas guru PAUD yang ada di Kabupaten Rokan Hulu nantinya.
“Yah tentunya kita berharap kualitas guru PAUD di Rokan Hulu nantinya meningkat, karena pendidikan merupakan tolak ukur dalam kemajuan suatu bangsa, apabila pendidikan di daerah tersebut bagus, maka bagus pula peningkatan SDM nya,” tukasnya.