Sepuluh Rumah Kontrakan Ludes Dilahap Si Jago Merah, Enam Keluarga Terpaksa Mengungsi

PASIRPENGARAIAN – Sepuluh unit rumah kontrakan milik H Mardius (60), warga Pasar Lama Kelurahan Ujung Batu Ludes dilahap si Jago merah pada Jumat (12/03) sekitar pukul 10.30 WIB.
Diketahui kontrakan yang berlokasi di Jalan Rambutan RT 002 RW 010 RK Harapan Kelurahan Ujung Batu, Kecamatan Ujung Batu, Kabupaten Rokan Hulu (Rohul) itu baru dihuni oleh enam keluarga, sedangkan empat kontrakan lainnya dalam keadaan kosong.
Enam keluarga tersebut yakni, Yasri (49), Bunga (27), Sahriani (39), Dwi Ariani (33), Siti Khotijah (40), dan Armawati (35).
Diketahui api pertama kali dilihat oleh Yasri, salah seorang penghuni rumah kontrakan yang mendengar suara berisik dari sebelah rumahnya, rumah tersebut diketahui dalam keadaan kosong, sehingga membuat YASRI penasaran.
Untuk memastikan asal suara, Yasri keluar rumah dan melihat api sudah berkobar dari kontrakan kosong tersebut. Hal itu membuat Yasri terkejut dan meminta tolong ke warga sekitar untuk membantu memadamkan api.
Dapat laporan adanya kebakaran, Camat Ujung Batu Fisman Hendri, bersama Kapolsek Ujung Kompol Amru Hutauruk dan personel turun ke lokasi, dan ikut membantu warga sekitar untuk memadamkan api.
Sekitar pukul 10.40 WIB, akhirnya 2 unit armada Pemadam Kebakaran (Damkar) dan 1 unit mobil tanki suplayer air tiba di lokasi kebakaran dan langsung melakukan pemadaman. Namun api cepat merembet ke sepuluh unit rumah petak.
Dari pengakuan warga, tidak ada korban jiwa dalam kejadian kebakaran tersebut.
“Kami memperkirakan kerugian materil dari kebakaran sepuluh pintu rumah kontrakan tersebut sekitar Rp.700 juta,” sebut Faisal warga Ujung Batu.
Sementara itu, dari pengakuan Camat Ujung Batu, Kapolsek dan Camat Ujung Batu juga menyalurkan bantuan kepada para korban kebakaran sebanyak Rp 1 juta per kepala Rumah Tangga.