Jalani PPKM, Bupati Rohul Ajak Berbagai Elemen Patuhi Prokes

47
PASIRPENGARAIAN – Bupati Rokan Hulu, H Sukiman ajak berbagai unsur elemen masyarakat Rohul saling bersinergitas dalam mensukseskan program Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) demi memutus mata rantai penyebaran Covid-19.
Hal ini disampaikan Bupati Sukiman Usai mengikuti Rapat Koordinasi (Rakor) Virtual Perkembangan Covid-19 yang digelar oleh Gubernur Riau, H Syamsuar. Senin (19/04).
Pergelaran Rakor secara Virtual sebagai bentuk menyikapi perkembangan Kasus Covid-19 di Provinsi Riau yang kian mengalami peningkatan hingga tercatat sebagai peringkat ke 5 secara Nasional.
Turut hadir dalam rakor virtual oleh Gubernur Riau, Kapolres Rohul AKBP Taufiq Lukman Nurhidayat SIK MH, Kajari Rohul Priwijeksono, Pabung Kodim 0313/KPR, Kadiskominfo Rohul Drs Yusmar M.Si, Kadiskes Rohul dr Bambang, Dirut RSUD Rohul dr Novil dan Sekretaris Satpol PP Rohul.
Disampaikan Gubri Syamsuar, tujuan digelarnya Rakor bersama Pemkab dan Pemko se Provinsi Riau untuk melakukan penanganan Covid-19 secara ketat serta upaya kerjasama semua pihak termasuk dalam mengawasi adanya penetapan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) yang telah ditetapkan di masing-masing daerah.
“Termasuk juga harus mempersiapkan rumah sakit (RS) yang telah dipersiapkan untuk menangani kasus Covid-19 dan obat-obatan serta semua yang berkaitan kebutuhan dari rumah sakit lainnya,” katanya.
Sementara itu, melalui aplikasi zoom meeting, Bupati Rokan Hulu melaporkan bahwa kasus terkonfirmasi Covid-19 baru-baru ini sebanyak 28 orang, 1 orang sembuh dan 1 orang lainnya meninggal dunia, sedangkan secara keseluruhan dirawat di Rumah Sakit sebanyak 53 orang, isolasi mandiri 126 orang dan total sebanyak 179 orang.
Diakui Sukiman, Pemerintah Rohul bersama Forkopimda telah melaksanakan PPKM berbasis Mikro sejak Jumat (15/04) lalu sebagai langkah dan terobosan memutus mata rantai penyebaran Covid-19.
“Kami juga mencermati apa yang Pak Gubernur sampaikan, untuk menurun angka penularan Covid-19. Jum’at kemarin kami rapat bersama dengan Forkompinda Rohul, telah mengumpulkan Camat, Kapolsek, Kepala Puskesmas untuk melaksanakan PPKM Mikro mulai dari tingkat Kecamatan hingga Desa,” jelasnya.
Selain itu Bupati juga memerintahkan kepada masing-masing Pemdes di Kabupaten Rokan Hulu untuk menyiapkan Posko Isolasi mandiri, demi mencegah penularan Covid-19 di Negeri Seribu Suluk.
“Saya berharap kepada Kepala Desa/Lurah agar meningkatkan peran serta dalam mengatur PPKM Mikro sampai tingkat RT/RW, ini perlu menumbuhkan kesadaran dan disiplin dari masyarakat. Untuk membangkitkan semangat warga untuk disiplin dan mentaati anjuran melaksanakan Prokes,” sebutnya.
Selanjutnya Bupati juga mengakui bahwa Pemkab Rohul juga telah melaksanakan Vaksinasi kepada 2500 orang, untuk Pelayanan Publik 505 orang, termasuk TNI-Polri, ASN dan Honorer termasuk Tenaga Medis, BUMD dan Tokoh masyarakat.