Karyawan PT Torganda Diliburkan Saat Penyelenggaraan PSU

212
PASIRPENGARAIAN – Sehari menjelang digelarnya Pemungutan Suara Ulang (PSU) Pilkada Rokan Hulu (Rohul) tahun 2020, suasana di kawasan PT Torganda Rantau Kasai Kecamatan Tambusai Utara Kabupaten Rokan Hulu terpantau aman dan Kondusif.
Saat dilakukan pemantauan oleh awak media Haluan Riau, Selasa (20/04) di Kawasan PT Torganda, beberapa pekerja tampak masih sibuk dengan aktivitasnya di hamparan Pohon kelapa Sawit tersebut.
Ketika diwawancarai, Asmanzay, salah seorang Pekerja Harian Lepas PT Torganda mengatakan, bahwa dia bersama PHL PT Torganda lainnya masih dapat bekerja sehari menjelang dilaksanakan PSU.
Lanjut pria yang akrab disapa Asman tersebut, dirinya juga mengaku siap untuk mengikuti PSU yang sudah dijadwalkan akan dilakukan pada 21 April 2021 mendatang.
“Tentunya kami siap mendukung kesuksesan pelaksanaan PSU kali ini,” sebutnya.
Ketika ditanya terkait liburkah pekerja atau karyawan PT Torganda pada hari pelaksanaan PSU, Asmanzay mengaku pihak Perusahaan telah mengumumkan bahwa pada Rabu (21/04) seluruh pekerja maupun karyawan PT Torganda diliburkan.
“Iya, besok kita libur untuk melaksanakan Pemungutan Suara Ulang di masing-masing TPS,” tambahnya.
Tidak jauh dari lokasi Asmanzay, belasan ibu-ibu sebagai pekerja Penyemprotan pupuk PT Torganda juga mengatakan hal yang sama.
Disampaikan Rengsiana Siagian, dia bersama ibu-ibu pekerja lainnya juga diliburkan pada hari dilaksanakan Pemungutan Suara Ulang.
“Iya, kami diliburkan untuk pelaksanaan PSU hari besok, dan saya juga berencana akan memanfaatkan hak pilih saya untuk memilih Calon Bupati dan Wakil Bupati Rokan Hulu,” katanya.
Ditempat yang berbeda, saat dikonfirmasi kepada Manajer Perkebunan PT Torganda Rantau Kasai, Aston Sihar Sitorus mengatakan siap dan mendukung pelaksanaan PSU yang akan dilaksanakan di Kawasan PT Torganda pada 21 April 2021 nanti.
“Tentu saja kami berharap kepada berbagai pihak untuk saling mendukung pelaksanaan PSU ini agar dapat berjalan dengan baik dan sukses,” sebut Aston.
Lanjutnya, sebagai bentuk dukungan terhadap pelaksanaan PSU di Kawasan PT Torganda, seluruh pekerja dan karyawan diliburkan agar dapat menggunakan hak pilihnya.
“Dan kita berharap kepada pekerja atau karyawan yang memiliki DPT atau surat undangan C6 untuk dapat datang dan memilih calon Bupati dan Wakil Bupati Rohul di masing-masing TPS sesuai dengan hati nurani dan pilihannya masing-masing,”tukasnya.
Sebut Aston, dikarenakan aktivitas perusahaan tutup selama satu hari, ada  lebih kurang 500 Ton buah sawit yang akan terbengkalai dan baru bisa diolah kembali pada hari selanjutnya.
“Kalau perharinya itu ada 500 ton buah kelapa sawit yang kita olah, namun karena PSU, buah kelapa sawit tidak ada yang diolah, dan itu kita korbankan untuk melancarkan penyelenggaraan PSU disini,” tambahnya.
Sementara itu, Humas PT Torganda Sariman Siregar mengaku sebanyak 3000-an pekerja/Karyawan PT Torganda akan melaksanakan PSU pada 21 April 2021.
“Untuk ke Lokasi PSU, karyawan bisa menggunakan kendaraan nya sendiri, tidak menggunakan transportasi milik Perusahaan,” sebutnya.
“Kita juga berharap agar PSU yang akan dilaksanakan pada hari besok dapat berjalan aman, damai dan kondusif sehingga tidak terjadi hal-hal yang tidak kita inginkan,” tutupnya.