Sekda Rohul Serahkan Bantuan Bagi Korban Bencana Angin Puting Beliung di Kepenuhan

54
PASIRPENGARAIAN – Setelah terjadinya bencana alam yakni Puting Beliung pada 10 Februari 2021 yang memporak-porandakan beberapa gedung di Kelurahan Kepenuhan Tengah, Kecamatan Kepenuhan Kabupaten Rokan Hulu, Bupati Rohul, H Sukiman diwakilkan Sekretaris Daerah (Sekda) Rohul, H Abdul Haris M.Si serahkan bantuan bagi korban bencana alam.
Kegiatan penyerahan bantuan dilaksanakan pada Senin (19/04) di Aula gedung pertemuan Kecamatan Kepenuhan, Kabupaten Rokan Hulu.
Disampaikan Sekda Rohul, bantuan yang diserahkan pada hari itu bersifat stimulus untuk meringankan beban masyarakat korban bencana alam puting beliung di Kecamatan Kepenuhan.
“Ada lebih kurang 91 KK yang terkena musibah angin puting beliung pada 10 Februari 2021 lalu, dan saya sendiri ikut menyaksikan secara langsung akibat bencana alam tyang dirasa cukup luar biasa pengaruhnya tersebut,” ucap Sekda.
Lanjut Sekda, bantuan yang diserahkan diberikan secara keseluruhan namun dengan spesifikasi yang berbeda, mulai dari klasifikasi berat, sedang dan ringan dengan total bantuan mencapai Rp178.877.000.
Dijelaskan Sekda bahwa musibah merupakan ujian bagi manusia, namun  dapat dijadikan sebagai cambuk diri agar masyarakat bisa bahu membahu, bersatu padu untuk menghadapi musibah di tengah masyarakat.
“Kejadian ini merupakan suatu kekuatan besar bagi masyarakat untuk bisa bersama sama melanjutkan aktivitas pembangunan baik kemasyarakatan juga di Kelurahan Kepenuhan Tengah ini,” jelasnya.
“Kita juga mengajak masyarakat untuk kembali bangkit, kembali beraktivitas seperti biasanya  bahkan meningkatkan produktivitas seperti biasa,” tambahnya.
Ditempat yang sama,  Camat Kepenuhan, Gustia Hendri,S.Sos.M.Si menjelaskan ada sebanyak 96 bangunan yang terdiri dari Fasilitas umum, Gor, Gedung, Los pasar, Fasilitas sekolah, serta Kantor Camat Kepenuhan, Gedung Pertemuan Kelurahan, dan beberapa tempat ibadah surau suluk ikut rusak akibat angin puting beliung tersebut.
“Akibat bencana angin puting beliung yang terjadi pada Februari lalu, merusak beberapa fasilitas umum namun fasum tersebut tidak di klaim mendapatkan perbaikan, selain dari pada itu semua mendapatkan bantuan,” jelasnya.
Diakui Camat, terdapat beberapa bantuan yang diterima oleh masyarakat korban bencana alam pasca terjadinya bencana alam tersebut, seperti Sembako dari Dinas Sosial dan BPBD Rohul dan dalam bentuk uang tunai melalui Sekda Rohul.