Sekda Rohul, H Abdul Haris Jabat Plh Bupati Rohul

PASIRPENGARAIAN – Mengingat berakhirnya masa jabatan Bupati dan Wakil Bupati Rokan Hulu (Rohul) periode 2016-2021, Gubernur Riau tunjuk Sekretaris Daerah (Sekda) Rohul, sebagai Pelaksana Harian (Plh) Bupati Rohul sementara untuk mengisi kekosongan jabatan Bupati sampai dengan dilantik.
Hal ini disampaikan Plt Asisten 1 Setda Rohul, Erfan Dedi Sanjaya, SSTP usai menggelar rapat koordinasi melalui video Conference terkait penanganan Covid 19 dan mitigasi bencana Bersama Kepala BNPB Pusat, Kamis (22/04) di Kantor Diskominfo Kabupaten Rokan Hulu.
“Untuk akhir masa jabatan Bupati Rokan Hulu, H Sukiman periode 2016-2021 yaitu pada 22 April ini, tepatnya nanti malam pada pukul 00.00 WIB,” kata Erfan.
Demi tetap berlangsungnya roda Pemerintahan di Kabupaten Rokan Hulu, diakui Erfan, Pemkab Rohul telah berkoordinasi dengan biro Pemerintahan Daerah Provinsi Riau.
“Dari informasi yang kami peroleh, bapak Gubernur Riau telah mengeluarkan surat untuk Pelaksana harian Kepala Daerah,” tambahnya.
Ketika ditanya terkait siapa yang akan menjadi Plh Bupati Rokan Hulu, Erfan menjelaskan bahwa sesuai amanat Undang-undang Plh Bupati Kabupaten Rokan Hulu akan diberikan kepada Sekretaris Daerah (Sekda) Rohul, H Abdul Haris,M.Si.
“Sehingga tepat pada 23 April 2021 nanti sudah ada Plh Bupati Kabupaten Rokan Hulu,” sebutnya.
Diakui Erfan, tugas dari Plh Bupati berbeda dengan Bupati definitif, dimana menurut perundang-undangan Plh Bupati hanya bekerja sesuai tugas Harian kepala daerah itu sendiri, tidak terperinci dan memiliki wewenang lebih seperti Bupati.
Lanjut Erfan, masa jabatan Plh Bupati Rokan Hulu oleh Sekda Rohul akan berjalan hingga sampai dilantiknya pejabat Bupati/wakil Bupati Rokan Hulu terpilih.