Baznas Serahkan Bantuan Bagi Kaum Dhuafa, Abdul Haris : Zakat Dapat Bantu Persoalan Umat

47
PASIRPENGARAIAN – Pelaksana Harian (Plh) Bupati Rokan Hulu H Abdul Haris M.Si dan Ketua Baznas Rohul Armen ZA serahkan bantuan zakat kepada Kaum dhuafa di Desa Babussalam, Kecamatan Rambah Rokan Hulu, Jumat (07/05).
Diakui Plh Bupati, terdapat 15 Kaum Dhuafa setiap Desa se Kabupaten Rokan Hulu yang mendapat perhatian dan menerima bantuan zakat dari Baznas Rokan Hulu.
“Setiap Desa, ada 15 Kaum Dhuafa yang diberikan bantuan zakat sebesar Rp.500.000 perorang, sedangkan di Kabupaten Rokan Hulu ini terdapat 145 Desa/ Kelurahan yang apabila ditotalkan anggarannya, sekitar Rp 1,1 Milyar lebih untuk bantuan zakat bagi kaum dhuafa di Kabupaten Rokan Hulu,” Jelas mantan Sekda Rohul tersebut.
Dengan bantuan zakat tersebut sambung Abdul Haris, dapat meringankan beban orang tua atau lansia yang ada di Kabupaten Rokan Hulu dalam menghadapi Hari Raya Idul Fitri 1442 Hijriah.
Lanjut Abdul Haris, dia juga mengucapkan terima kasih kepada ASN dan Perusahaan yang ada di Negeri Seribu Suluk, atas keikhlasannya dalam membayar zakat di Baznas Rokan Hulu, sehingga dari zakat yang telah disalurkan, dapat membantu dan menopang perekonomian masyarakat tidak mampu.
Diakui Abdul Haris, dalam meningkatkan jumlah zakat yang dikumpulkan oleh Baznas Rokan Hulu, Pemkab Rohul telah menyurati dan menghimbau seluruh Perusahaan yang ada di Rokan Hulu untuk ikut rutin membayar zakatnya di Baznas Rokan Hulu.
Ketika ditanya terkait seberapa penting zakat bagi masyarakat Rokan Hulu, Abdul Haris mengungkapkan bahwa zakat dari Perusahaan, ASN, Kelompok maupun perorangan sangat berpengaruh dalam peningkatan perekonomian masyarakat.
“Bisa kita lihat dari yang dilakukan hari ini, pertama, dari zakat, 15 orang kurang mampu setiap Desa se Kabupaten Rokan Hulu dapat terbantu perekonomiannya menjelang Hari Raya Idul Fitri, tentu hal ini sangat dirasa membantu bagi masyarakat,” katanya.
Selain itu, dengan zakat juga dapat membantu meningkatkan pendidikan melalui Beasiswa yang dikeluarkan oleh Baznas Rokan Hulu.
“Ada banyak beasiswa yang diberikan oleh Baznas Rokan Hulu, mulai dari SD, SMP, SMA, bahkan sampai ke Perguruan tinggi, tentu ini sangat membantu masyarakat tidak mampu dalam mendapatkan bantuan untuk mengenyam pendidikan, ” Sebutnya.
Dengan bantuan Baznas dari zakat, juga dapat membantu masyarakat tidak mampu untuk mendapatkan rumah layak huni dengan program “Rumah Sehat Layak Huni” dari Baznas Rokan Hulu.
“Dari zakat tahun 2020 dapat mengumpulkan sebanyak Rp 4,8 Milyar, dan angka ini bisa kita maksimalkan hingga Rp 40 Milyar, dan jika angka ini kita dapatkan, tentu persoalan persoalan umat terhadap kekurangan dan ketidakmampuan ini dapat kita bantu melalui Baznas Kabupaten Rokan Hulu,” Tukas Abdul Haris.