Desa Bukit Intan Makmur Masuk 7 Besar Desa Pangan Aman Nasional

PASIRPENGARAIAN – Kabar membanggakan kali ini datang dari salah satu Desa di Kabupaten Rokan Hulu, yakni Desa Bukit Intan Makmur Kecamatan Kunto Darussalam yang masuk dalam 7 besar Nasional nominasi Desa Pangan Aman.
Tepat pada Kamis (03/06) tim Verifikator Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) Pusat Republik Indonesia (RI) melakukan verifikasi di Desa Bukit Intan Makmur tersebut.
“Ada dua poin besar penilaian yang kami lakukan, yang pertama penilaian dokumen,seperti dokumentasi kegiatan, kader, sekaligus APBDes yang telah dilaksanakan,” Kata Eva selaku tim Verifikator pusat.
Diakui Eva, salah satu faktor yang membuat Desa Bukit Intan Makmur terpilih sebagai nominasi Nasional Desa Pangan Aman adalah karena Desa Bukit Intan Makmur mampu membuktikan bahwa mereka telah memaintenance kegiatan yang diketahui telah dilakukan sejak tahun 2018.
“Oleh karena itu, verifikasi pada hari ini untuk membuktikan kegiatan yang telah dilakukan di Desa Bukit Intan Makmur ini sesuai dengan dokumentasi yang telah diberikan,” Sebutnya.
Ditempat yang sama, Plh Bupati Rokan Hulu, H Abdul Haris M.Si yang saat itu menyaksikan secara langsung verifikasi oleh tim penilaian mengaku bangga sekaligus bersyukur dengan pencapaian kader Pengamanan Pangan di Desa Bukit Intan Makmur.
“Hari ini Kabupaten Rokan Hulu mendapatkan kehormatan besar, setelah ditentukan penilaian secara administrasi, ditentukan bahwa Desa Bukit Makmur masuk dalam 7 terbaik Nasional untuk Kader pengamanan pangan,”jelas Abdul Haris.
Ketika ditanya terkait dukungan Pemkab Rohul, H Abdul Haris mengatakan saat ini Desa Bukit Intan Makmur telah ditetapkan sebagai Desa percontohan keamanan pangan Desa se Kabupaten Rokan Hulu.
“Dan hari ini kita juga telah membuat website untuk mempermudah jangkauan, sehingga seluruh kegiatan yang dilakukan oleh Desa Bukit Intan Makmur dapat diakses oleh seluruh masyarakat dan Desa se Kabupaten Rokan Hulu maupun Manca Negara,” sebut Haris.
Abdul Haris juga berharap agar Desa Bukit Intan Makmur dapat menjadi yang terbaik, bukan hanya untuk memperoleh penghargaan dari Pemerintah, namun juga menjadi yang terbaik bagi masyarakat untuk menciptakan generasi yang sehat dan cerdas dengan pola makanan yang aman.