Kabupaten Rokan Hulu Mendapat Bantuan 7 Unit HFNC

81
PASIRPENGARAIAN – Ada sebanyak 7 (tujuh) Unit alat kesehatan High Flow Nasal Cannula (HFNC) diberikan Kementerian Kesehatan Republik Indonesia (Kemenkes RI) kepada Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Rokan Hulu (Rohul) .
Disampaikan Pelaksana Harian (Plh) Bupati Rohul, H Abdul Haris M.Si, saat Presiden RI Jokowi melakukan peninjauan penanganan Covid-19 di Kota Pekanbaru, Riau pada sepekan lalu, Pemkab Rohul mengusulkan untuk mendapatkan alat kesehatan seperti HFNC, Ventilator hingga mobil Ambulan.
Lanjut Abdul Haris, Pemkab Rohul sempat mengusulkan permintaan bantuan tersebut baik secara lisan maupun tertulis kepada orang nomor satu di Republik Indonesia tersebut.
“Kemarin kita mengajukan permintaan langsung dengan bapak Presiden di Pekanbaru, kita meminta waktu itu alat yaitu kita butuhkan ventilator. Ventilator itu ada dua jenis, 1 ada namanya HFNC yang ini digunakan sebelum pasien mengalami gagal napas, Sedangkan Ventilator langsung diperuntukkan bagi pasien yang sudah gagal nafas,” jelas Abdul Haris.
Abdul Haris menambahkan, dalam hitungan beberapa hari pasca diusulkan, Kementerian Kesehatan (Kemenkes) RI mengirim 7 Alkes tersebut ke Kabupaten Negeri Seribu Suluk dan diterima langsung oleh Plh Bupati Rohul
“Pada Senin (31/05) lalu Pemerintah Kabupaten Rohul mendapat bantuan 7 alat Kesehatan tersebut,” Sebut Abdul Haris.
Diakui Abdul Haris, dengan bantuan 7 Unit HFNC dari Kesehatan RI, tentu dapat membantu Pemerintah Kabupaten Rokan Hulu dalam penanganan Covid-19 di Kabupaten Rokan Hulu.
Tambah Abdul Haris, bantuan 7 alat kesehatan tersebut telah ditempatkan di RSUD Kabupaten Rokan Hulu, namun nantinya juga dapat dipergunakan oleh Rumah Sakit Swasta yang ada di Rokan Hulu sebagai RS Rujukan penanganan Covid-19 dengan sistem pinjam pakai.
“Namun, nanti kita akan berkonsultasi dulu dengan beberapa pihak bagaimana caranya kita meminjamkan peralatan tersebut ke Rumah Sakit Swasta yang juga sebagai RS Rujukan perawatan Pasien Covid-19,” kata Plh Bupati.
Plh Bupati Sekaligus Sekda Rohul itu juga menjelaskan ada beberapa alat kesehatan yang dibutuhkan di beberapa Rumah Sakit (RS) Rujukan Penanggulangan Covid-19 di Kabupaten Rokan Hulu.
Rincian kebutuhan Rumah Sakit rujukan Covid-19 seperti RS Awal Bros Ujung Batu, membutuhkan HFNC 1 unit, Ventilator 3 unit dan Oksigen Consentrator 2 unit. Kemudian Kebutuhan Rumah Sakit Surya Insani HFNC 1 unit, Ventilator 1 unit dan Oksigen Consentrator 2 unit, sedangkan untuk Rumah Sakit Az-Zahra membutuhkan alat kesehatan berupa HFNC 1 unit, Ventilator 1 unit dan Oksigen Consentrator 2 unit.
Sementara untuk di RSUD Rohul dibutuhkan HFNC 2 unit, Ventilator 1 unit dan Oksigen Consentrator 4 unit, Ambulans Emergency 1 unit serta untuk Public Safety Center (PSC) 119 membutuhkan Ambulans Emergency 1 unit.