MEMBANGGAKAN, Desa Bukit Intan Makmur Peroleh Juara 2 Lomba Desa Pangan Aman Tingkat Nasional

561
PASIRPENGARAIAN – Kabar membanggakan kali ini datang dari Desa Bukit Intan Makmur, Kecamatan Kunto Darussalam, Kabupaten Rokan Hulu yang memperoleh penghargaan juara 2 sebagai Desa Percontohan Pangan Aman tingkat Nasional.
Belum genap seminggu dalam jabatannya sebagai Bupati dan Wakil Bupati Rokan Hulu (Rohul) terpilih, H Sukiman dan H Indra Gunawan mendapat “kado” dari masa awal tugasnya sebagai orang nomor satu dan dua di Kabupaten Rokan Hulu.
Kado tidak sembarang kado, kali ini kado datang dari Menteri Koperasi dan Usaha Koperasi Menengah (UKM) Republik Indonesia (RI) Teten Masduki.
Penghargaan diterima langsung oleh Kepala Desa Bukit Intan Makmur, Nasta’in S. Pdi pada Selasa (22/06) yakni saat syukuran  Bupati dan Wakil Bupati Rohul terpilih di Hotel Sangri-La, Jakarta Pusat.
Dalam penuturannya, H Sukiman mengaku bangga terhadap Desa Bukit Intan Makmur yang memperoleh Juara II sebagai Desa Percontohan Nasional Pangan Aman.
“Kami atasnama Pemkab Rohul sangat bangga dan apresiasi kepada Pemdes Bukit Intan Makmur, berkat konsistensi dan kegotongroyongan dalam menjaga Pangan Aman yang sehat bebas dari Formalin dan zat kimia lainnya, bisa meraih juara 2 Nasional lomba Desa Pangan Aman,” Sebut Sukiman, Rabu (23/06).
Diakui Sukiman, Pemkab Rohul telah menunjuk dan mengeluarkan Surat Keputusan (SK) pada 2 Januari 2020 kepada Desa Bukit Intan Makmur sebagai Desa Percontohan Pangan Aman Kabupaten Rokan Hulu.
“Hal ini dilakukan dalam rangka meningkatkan semangat dan memberikan apresiasi kepada perangkat desa dan komunitas keamanan pangan desa yang telah aktif dan konsisten dalam meningkatkan keamanan pangan di desanya,” Tambah Bupati.
Selain itu, Bupati H Sukiman juga mengaku sangat mengapresiasi Desa Bukit Intan Makmur yang telah memiliki komitmen dan peran aktif dalam mewujudkan keamanan pangan dari desa bagi masyarakat desa sekaligus membentuk Desa Pangan Aman.
“Kami juga berharap Desa Bukit Intan Makmur dapat menjadi model dan berbagi pengalaman kepada desa lainnya dalam mengimplementasikan keamanan pangan desa di Rohul,” harapnya.
Bupati juga berharap kepada Pemerintah Desa dan para kader keamanan pangan desa sekaligus seluruh komunitas masyarakat desa di Rohul, agar dapat mencontoh desa Bukit Intan Makmur dalam mengimplementasikan keamanan pangan.
Ditempat yang berbeda, Kepala Desa Bukit Intan Makmur saat dikonfirmasi melalui via Telepon mengaku bersyukur atas prestasi yang ditorehkan Desa Bukit Intan Makmur di kancah Nasional.
“Alhamdulillah atas izin Allah SWT dan berkat kerjasama yang solid antara Pemkab, Pemdes dan Kelompok Keamanan Pangan Desa Bukit Intan Makmur bisa meraih hasil juara 2 Nasional Lomba Pangan Aman,” kata Nasta’in.
Dijelaskan Nasta’in bahwa sejak Pemerintahannya sebagai Kepala Desa Bukit Intan Makmur pada tahun 2018, dia telah berkomitmen untuk mewujudkan Desa Pangan Aman, yakni dengan menganggarkan Rp 10 juta bersumber dari Dana Desa untuk mensukseskan program tersebut.
“Sejak saya menjabat sebagai Kepala Desa pada tahun 2018 lalu, sudah saya anggarkan dari Dana Desa senilai Rp 10 Juta untuk keperluan KKPD untuk keperluan kegiatan menjaga makanan dari zat Kimia,” katanya.
Diakui Kades, bahwa penghargaan yang diberikan oleh Menteri Koperasi UKM RI tersebut tidak semata-mata diterima oleh Desa Bukit Intan Makmur, melainkan  sebagai Kado kepada Bupati dan Wakil Bupati Rohul terpilih, H Sukiman dan Indra Gunawan.
Kades juga mengucapkan Terima kasih kepada kader Desa Pangan Aman Bukit Intan Makmur yang telah bekerja keras dengan fokus tahap penilaian sehingga Desa Bukit Intan Makmur mampu meraih juara 2 Nasional.
“Semuanya karena kerja Tim yang selektif dan Fokus pada kekompakan bersama Kader, sehingga penghargaan ini dapat kita raih,” Tukas Kades.
Sebagai informasi, Juara 1 Desa Pangan Aman diperoleh oleh Desa Panggungharjo, Kabupaten Bantul, DI Yogyakarta, sementara Juara 3 diperoleh oleh Desa Batu Ampar, Kabupaten Kepahiang, Bengkulu.