Dispussip Rohul Gelar Lomba Perpustakaan Sekolah Tingkat SLTA, Sumardi : Ini Merupakan Inovasi Dalam Mencerdaskan Anak Bangsa

PASIRPENGARAIAN – Dalam mewujudkan Pustaka Sekolah miliki standar dan berkualitas, Dinas Perpustakaan dan Arsip (Dispussip) Kabupaten Rokan Hulu (Rohul) gelar perlombaan Perpustakaan Sekolah tingkat SLTA se Kabupaten Rokan Hulu.
Kegiatan perlombaan dilakukan juga dalam rangka mewujudkan harapan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Rohul yang terus melakukan inovasi dalam mencerdaskan anak bangsa dengan cara mengajak pelajar untuk mencintai buku dan rajin membaca.
Disampaikan Kepala Dispussip Rohul, H Damri Poti S.Sos melalui Plt Sekretaris Dispussip Rohul Sumardi SS MSi, bahwa sebelumnya dilakukan penilaian Kuisioner di masing-masing SLTA, selanjutnya setiap peserta lomba mempresentasikan Perpustakaan Sekolahnya di depan para juri pada Selasa (22/06) di Aula Perpustakaan H Mahidirn Said Kantor Dispussip Rohul.
“Pada hari itu, kita juga sampaikan pemenang perlombaan Perpustakaan Sekolah tingkat SLTA yang diselenggarakan oleh Dispussip Kabupaten Rokan Hulu,” Jelas Sumardi, Rabu (24/06).
Sumardi menjelaskan bahwa terdapat 8 peserta mewakili Sekolahnya masing-masing yang mengikuti lomba Perpustakaan tingkat SLTA tersebut.
“Dalam 1 Kecamatan mengirimkan sekolah yang memiliki perpustakaan dan jumlah peserta lomba yang terdaftar sebanyak 8 peserta diantaranya, SMA Muhammadiyah Rambah, SMAN 1 Tambusai, SMAN 1 Kunto Darussalam, SMAN 1 Kepenuhan, SMKN 1 Rambah, SMAN 1 Rambah, SMAN 1 Bangun Purba dan SMAN 1 Rambah Samo,” tambah Sumardi.
Dari 8 peserta tersebut, panitia bersama dewan juri akan mengambil 6 nominasi penilaian terbaik untuk mengikuti tahap penilaian berikutnya, yakni berupa pelaksanaan presentasi dari peserta lomba terhadap kegiatan di perpustakaan sekolah masing-masing.
“Dalam perlombaan ini, SMA Muhammadiyah Rambah memperoleh peringkat 1, diikuti oleh SMAN 1 Kunto Darussalam sebagai peringkat 2 dan selanjutnya SMKN 1 Rambah sebagai peringkat 3,” Jelas Sumardi.
Sementara itu lanjut Sumardi, untuk peringkat 4 atau harapan 1 diraih oleh SMAN 1 Kepenuhan, SMAN 1 Tambusai sebagai peringkat 5 dan diposisi  peringkat ke 6 diperoleh oleh SMAN 1 Rambah Samo.
“Untuk juara 1 nantinya akan kita utus sebagai perwakilan Kabupaten Rokan Hulu untuk mengikuti perlombaan Perpustakaan sekolah di tingkat Provinsi,” Sebut Sumardi.
Diakui Sumardi bahwa kegiatan lomba Perpustakaan ini sangat positif dan bermanfaat bagi generasi penerus dalam mencerdaskan kehidupan anak bangsa.
“Melalui perpustakaan sekolah dapat meningkatkan minat dan budaya baca dikalangan dunia pendidikan sehingga dari tidak tahu menjadi tahu apabila ia rajin membaca. Perpustakaan sekolah berfungsi bukan saja sebagai tempat membaca bagi siswa di sekolah tetapi juga sebagai tempat riset dan rekreasi, apalah lagi saat sekarang ini literasi bacaan sangat digalakkan sehingga perpustakaan yang berbasis inklusi sosial bagi masyarakat dapat diterapkan melalui perpustakaan sekolah sendiri,” papar Sumardi.
Kegiatan perlombaan perpustakaan ini sambung Sumardi, tentunya juga merupakan  cita-cita bangsa Indonesia dalam meningkatkan sumber daya manusia yang handal dan berkualitas bagi masyarakat, khususnya yang ada di sekolah.
Dalam pemaparan Sumardi, dia berharap kegiatan perlombaan ini dapat hendaknya memotivasi terhadap perpustakaan sekolah dalam upaya meningkatkan minat dan baca di kalangan siswa khususnya di Negeri Seribu Suluk,” Tukasnya.