Curah Hujan Tinggi, Ratusan Rumah Warga Desa Lubuk Napal Tergenang Banjir

58
PASIRPENGARAIAN – Air Sungai Dua Indah yang terletak di Kecamatan  Rambah Samo meluap hingga merendam ratusan rumah warga yang terletak di Desa Lubuk Napal, Selasa (29/06).
Meluapnya air Sungai Dua Indah ke perkampungan warga disebabkan curah hujan yang tinggi pada Selasa Malam sejak pukul 02.00 WIB hingga subuh hari.
Ketinggian air di tengah perkampungan mencapai 1,5 hingga 2 meter yang mengakibatkan ratusan rumah tergenang air banjir.
Dalam pengakuan salah seorang warga Desa Lubuk Napal, Toat Rohani yang rumahnya juga terendam banjir mengatakan, air sempat merendam ratusan rumah warga, termasuk fasilitas umum, seperti sekolah dan beberapa gedung lainnya.
“Air sungai meluap akibat tak bisa lagi menampung curah hujan yang cukup tinggi malam hingga dini hari. Sehingga air sungai melimpah dan menggenangi rumah warga,” Kata Toat.
Dijelaskan Toat bahwa beberapa pemukiman warga yang terendam banjir yakni Dusun Lubuk Napal dan Lubuk Ngarai. Sementara untuk Dusun Lubuk Ngarai merupakan daerah terparah digenangi banjir bahkan sempat memutus akses jalan.
“Saat ini warga di dua Dusun tersebut telah di evakuasi ke tempat yang lebih tinggi demi mengantisipasi banjir susulan,” Sebut Toat.
Sementara untuk BPBD Rohul, diakui Toat juga telah turun ke lokasi banjir dan sempat mengambil dokumentasi.
“Kalau petugas BPBD sudah ada yang datang, namun bantuan belum ada diberikan ke warga korban banjir di Lubuk Napal,” sebut Toat.