Buka Pembekalan dan Fasilitasi Uji Sertifikasi Tenaga Kerja Kontruksi, Indra Gunawan : Pentingnya SDM Konstruksi Handal

PASIRPENGARAIAN – Wakil Bupati (Wabup) Rokan Hulu (Rohul) , H Indra Gunawan membuka secara resmi agenda Pembekalan dan Fasilitasi Uji Sertifikasi Tenaga Kerja Kontruksi Balai Jasa Konstruksi Wilayah I Banda Aceh Bekerjasama dengan Dinas PUPR Rokan Hulu, Senin (05/07) sekitar pukul 09.00 WIB di Aula Kantor Camat Tandun.
Hadir dalam agenda, Kepala Dinas PUPR Rokan Hulu, Anton ST MT, Sekretaris Dinas PUPR Rokan Hulu, H Zulfikri ST, Camat Tandun, M Rodi SSos, Kapolsek Tandun, Ka KUA Tandun serta Kepala Desa Se Kecamatan Tandun dan puluhan Peserta perwakilan Kepala Desa se Kecamatan Tandun.
Dalam kata sambutannya, Wabup mengatakan di dunia modernisasi serta perkembangan teknologi seperti saat sekarang ini, tuntutan Sumber Daya Manusia (SDM) konstruksi yang handal sangat diperlukan, sehingga setiap orang diharuskan untuk meningkatkan kapasitas dan Kompetensinya yakni dengan cara mengikuti pelatihan.
“Dengan mengikuti pelatihan, tentu juga memperoleh sertifikasi nantinya, sehingga dapat mencetak generasi bagi tenaga kerja kontruksi yang berkualitas,” Kata Wabup.
Diakui Wakil Bupati, bahwa realita globalisasi saat ini tentu membawa implikasi bagi pengembangan SDM yang ada, oleh karena itu, untuk membuktikan SDM konstruksi yang berkualitas dan berkompetensi, maka dibutuhkan sertifikasi sebagai bukti telah diterimanya ilmu dari para ahli.
“Oleh karena itu, kegiatan sertifikasi ini sangat penting peranannya dalam mencetak tenaga kerja konstruksi berkualitas, agar Pembangunan Infrastruktur yang ada di Kabupaten Rokan Hulu ini dapat berjalan lancar, sesuai dengan peraturan dan standarisasi yang berlaku,” Tambah pria yang akrab disapa Ujang Lurah tersebut.
Dijelaskan Wabup, sertifikasi telah diwajibkan bagi tenaga kerja kontruksi, hal ini sesuai Undang-undang Nomor 2 Tahun 2017 tentang Jasa Konstruksi.
“Oleh sebab itu, kami mengajak kepada semua pihak terkait, agar dapat melaksanakan kegiatan seperti ini secara berkesinambungan, sehingga para pekerja konstruksi yang ada di Kabupaten Rokan Hulu benar-benar memenuhi ketentuan yang berlaku,” Katanya.
Selain itu, dalam penutup Wabup juga meminta kepada seluruh peserta Pembekalan dan Uji Sertifikasi Tenaga Kerja Konstruksi, dapat mengikuti kegiatan yang sangat bermanfaat ini dengan sebaik-baiknya.
“Tentunya pembekalan yang diberikan akan bermanfaat bagi para peserta nantinya, sehingga diharapkan untuk fokus dan serius dalam mengikuti pelatihan ini,” Tutup Wabup.