45 WBP dan Petugas Lapas Pasir Pengaraian Positif Covid-19 Dengan Kategori OTG

179
PASIRPENGARAIAN – Setidaknya ada 45 Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP) beserta Petugas Lapas Kelas IIB Pasir Pengaraian Kabupaten Rokan Hulu (Rohul) yang terkonfirmasi Positif Covid-19.
Hal ini dibenarkan oleh Kepala Lapas Kelas IIB Pasir Pengaraian, Eri Erawan saat dikonfirmasi awak media Riausmart.com, Jumat (09/07).
Diakui Eri Erawan bahwa terkuaknya WBP dan Petugas Lapas Pasir Pengaraian yang positif Covid-19 bermula ketika adanya warga Lapas yang sedang menjalani sidang tiba-tiba sakit dan memiliki suhu tubuh yang panas.
“Saat di cek, diketahui bahwa warga Binaan kita tersebut Positif Covid-19, sehingga pihak Dinkes dan RSUD melakukan test Swab dan diketahui 45 WBP dan Petugas Lapas positif Covid-19 dengan Kategori Orang Tanpa Gejala (OTG),” Jelas Eri.
Setelah itu lanjut Eri, seluruh WBP terkonfirmasi positif Covid-19 diisolasi dalam dua ruangan yang berbeda, sementara WBP terkonfirmasi Negatif Covid di pindahkan ke blok lainnya. 
 
“Untuk petugas, awalnya ada 9 orang yang terkonfirmasi positif Covid-19, namun setelah berobat dan isolasi mandiri di rumah, sekarang jumlahnya menjadi 3 orang,” Tambah Eri. 
 
Lanjut Eri, pihaknya kini masih menunggu hasil swab PCR dari RSUD dan Puskesmas Rambah.
“Hasil Swab PCR Kontak eratnya, untuk hasilnya sekitar satu atau dua hari ini,” jelas Eri.
Sementara itu, Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Rokan Hulu, dr Bambang mengatakan bahwa selama ini pihak Dinkes selalu berkoordinasi dengan Pihak Lapas, terkait kebutuhan yang menyangkut dengan Dinas Kesehatan.
“Masalahnya, bagaimana bisa diterapkan prokes di Lapas sementara sekarang ini semua LP over kapasitas, meskipun begitu mereka selalu berusaha agar prokes bisa dilaksanakan di sana,” Jelas dr Bambang.