Sebanyak Rp 3,4 Milyar Sisa Dana Hibah Pilkada Rohul 2020 Dikembalikan KPU Kepada Pemkab

100
PASIRPENGARAIAN – Pasca Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Bupati Rokan Hulu (Rohul) dan sempat adanya Pemungutan Suara Ulang (PSU) tahun 2020 lalu, nyatanya dana hibah pelaksanaan Pilkada Rohul masih menyisakan uang sebesar Rp 3,4 Miliar.
Hal ini disampaikan Ketua Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Rokan Hulu (Rohul), Elfendri, Kamis (15/07).
Dijelaskan  Elfendri bahwa pada Rabu (14/07), KPU Rokan Hulu telah menyerahkan sisa dana hibah Pilkada Rohul tahun 2020 kepada Bupati Rokan Hulu, H Sukiman di Pendopo Rumah Dinas Bupati Rohul, Komplek Pemda, Pasir Pengaraian.
“Secara simbolis telah kita serahkan, sedangkan untuk penyerahan uangnya belum, kami harus proses terlebih dahulu,” Kata Elfendri
“Penyerahan sisa dana hibah Pilkada juga disertai dengan penyerahan laporan  pelaksanaan Pilkada Rokan  Hulu,” Tambahnya.
Dalam kegiatan tersebut turut hadir Wakil Bupati (Wabup) Rohul H. Indra Gunawan, Sekda Rohul H.Abdul Haris, Kepala BPKAD Suharman Nasution, Komisioner KPU Rohul Fitriati IS, Cepi Abdul Husein, Asri Siregar sertaa Azhar Hasibuan termasuk Inspektur Helfiskar dan Sekretaris KPU Rohul Dadang Masnur.
Lanjut Elfendri, sesuai Naskah Perjanjian Hibah Daerah (NPHD), KPU Rohul telah menerima dana hibah untuk pelaksanaan Pilkada Rohul sebesar Rp 28,5 miliar.
“Dari jumlah tersebut, dana yang habis digunakan baik untuk pelaksanaan tahapan reguler maupun PSU dan 2 Kali gugatan MK mencapai Rp 25,1 miliar,” Tambah Elfendri.
Elfendri menambahkan, bahwa dari beberapa tahapan pelaksanaan pilkada Rokan Hulu tahun 2020 tersebut, KPU Rohul dapat melakukan efisiensi dana sebesar Rp. 3,4 miliar dan dana sisa tersebut secara simbolis telah dikembalikan kepada Pemerintah Kabupaten Rokan Hulu.
“Meskipun kita melaksanakan efesiensi, namun saya pastikan kegiatan yang dilakukan tidak keluar dari standar yang ditetapkan Kemenkeu dan standar pemerintah daerah.” kata Elfendri.
Disebutkan Elfendri, bahwa penggunaan dana terbesar pada pilkada Rohul lalu didominasi untuk pembiayaan badan Adhoc seperti kegiatan PPK, PPS, KPPS, Linmas dan Pantarlih termasuk honor.
Kemudian selain dana Hibah dari Pemkab Rohul tambah Elfendri, pelaksanaan Pilkada lalu KPU juga terima hibah dari KPU RI sebesar Rp 3,7 miliar. anggaran itu digunakan untuk pengadaan alat protokol kesehatan (Prokes) seperti Termo Gun, APD untuk petugas, alat cuci tangan serta untuk perlengkapan prokes lain.
Dari beberapa jenis pengadaan alat Prokes, KPU RI juga menginstruksikan ke KPU Rohul untuk menghibahkan barang yang masih bisa dimanfaatkan tersebut guna penanganan covid-19 di daerah.
“Saat ini kita juga serahkan 1.287 Termo Gun ke Pemkab, semoga Termo Gun bisa dimanfaatkan Pemkab Rohul guna penanganan juga pemutusan mata rantai penularan covid-19,” sebutnya.
Sementara itu Bupati Rohul H. Sukiman sampaikan terimakasih kepada tim penyelenggara serta pengamanan Pilkada Rohul yang bekerja secara profesional sehingga Pilkada Rohul aman, tertib serta kondusif.
“Walaupun sempat alot, Pilkada Rohul bisa dilalui dengan aman dan kondusif berkat penyelenggara, TNI dan Polri yang sudah bertugas dengan profesional,” ucap Bupati.
Bupati Sukinan, juga mengapresiasi upaya KPU Rohul melakukan efesiensi anggaran sehingga pelaksanaan Pilkada Rohul bisa berlangsung sukses namun juga bisa menghemat keuangan daerah.