Wakil Bupati Rohul Tinjau Lahan Warga Disertifikat, Masyarakat Terharu dan Bangga

21
PASIRPENGARAIAN – Wakil Bupati Kabupaten Rokan Hulu (Rohul), H Indra Gunawan lakukan peninjauan langsung tanah yang akan disertifikat di kawasan Transmigrasi di Desa Pasir Agung dan Desa Pasir Intan Kecamatan Bangun Purba  Kabupaten Rokan Hulu, Jumat (17/07).
Dalam peninjauan langsung tersebut, Wabup didampingi oleh Kepala Kantor BPN Kabupaten Rokan Hulu, Tarbarita Simorangkir, Kabag Hukum, Kabag Adwil, Tim Panitia Pertimbangan Landreform serta jajaran BPN/ATR Kabupaten Rokan Hulu.
Selain itu, turut hadir di lokasi, Camat Bangun Purba, Kades Pasir Agung Siswanto, Kades Pasir Intan, Sudarman Susilo Ardani serta Sekdes dari masing-masing Desa.
Dalam peninjauan di Lapangan, Wabup ikut menyapa dan mempertanyakan perasaan masyarakat terkait akan dilegalitas kepemilikan tanah milik warga.
“Dari pengakuan masyarakat disini, rata-rata mengatakan telah menempati dan memiliki tanah selama lebih kurang 30 sampai 40 tahun, namun belum mendapatkan kepastian hukum atas kepemilikan tanah yang mereka miliki,” Kata Wabup disela menyapa masyarakat.
Namun dengan adanya program TORA oleh BPN Kabupaten Rokan Hulu, tentu memberi secercah harapan kepada masyarakat bahwa tanah mereka akan segera diakui kepemilikannya dengan segera disertifikat.
Saat melakukan peninjauan, salah seorang warga pemilik tanah mengaku tidak mempermasalahkan tanahnya akan dikurangi demi kepentingan masyarakat banyak.
“Jangan ragu dalam mengurangi ukuran lahan demi kepentingan umum, jangan memandang kerugian saat ini namun pandanglah perkembangan di 100 tahun kedepan demi perkembangan Desa nantinya,” Sebut Wakil Bupati.
Senada dengan Wakil Bupati, Kepala BPN Rohul, Tarbarita Simorangkir mengatakan tidak ada permasalahan dalam peninjauan langsung tersebut, sehingga hasil dari peninjauan di lapangan akan dilanjutkan penetapan Objek yaitu surat keputusan Kakanwil BPN Provinsi Riau.
“Pada prinsipnya tidak ada yang keberatan, dengan artian peninjauan yang dilakukan sudah Clear and Clean, namun saya berharap kepada Pemerintah Desa untuk lahan Warga yang berada di pinggiran jalan dan Aliran Anak Sungai agar di keluarkan Sepadannya dan selain dari pada semua batas batasnya sudah dipasang,” Sebut Kakan BPN Rohul.
Sementara itu, Kepala Desa Pasir Agung  Siswanto mengaku, pada tahun 2021 telah mengajukan sebanyak 70 persil, namun yang lulus dan telah di ACC oleh BPN dan Bupati sebanyak 163 persil.
“Tentunya kita mengucapkan Terimakasih yang tak terhingga kepada Pemerintah Daerah maupun BPN Kabupaten Rokan Hulu, sebab dengan penerbitan sertifikat ini sangat membahagiakan sekali dan sangat di impikan oleh masyarakat,” Katanya.
Lanjut Siswanto, masih ada lahan warga yang belum disertifikat dan akan dimasukkan pada Program tahun 2022 mendatang.
“Masih, InsyaAllah pada tahun 2022 mendatang, kita akan mendaftarkan kembali untuk lahan warga yang mau disertifikat,” Tambahnya.
Ditempat yang berbeda, Kepala Desa Pasir Intan, Sudarman Susilo Ardani mengaku telah mengajukan data sebanyak 60 persil untuk disertifikatkan, namun dikarena adanya tumpang tindih, maka yang bisa diloloskan hanya sebanyak 55 persil.
“Ini sudah lama di impikan masyarakat kami sebab lahan ini telah dimiliki masyarakat sejak Transmigrasi tahun 1981 namun, dengan adanya program TORA, maka lahan yang dimiliki masyarakat bisa mendapatkan kepastian legalitas kepemilikannya,” Kata Kades.
Ketika ditanya terkait perasaan Kades terkait turunnya Wakil Bupati Rohul ke lapangan untuk cek lokasi lahan yang akan disertifikat, Kades mengaku bangga dan terharu.
“Kita juga mengucapkan terima kasih atas peninjauan yang dilakukan oleh Wakil Bupati Rohul beserta BPN bersama tim Panitia,” Tukasnya.