MAPABA PMII ISQ Syekh Ibrahim Ke I Rokan Hulu Sukses dilaksanakan

151

PASIRPENGARAIAN – Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia (PMII) Komisariat ISQ Syekh Ibrahim, terus berupaya mencetak Anggota Mu’takid yang berintelektual dan bermoral, melalui Masa Penerimaan Anggota Baru (Mapaba) ke I.

Kegiatan Mapaba Perdana ini, digelar PMII Komisariat ISQ Syekh Ibrahim di Aula Kampus, Jumat (17/07) dengan mengangkat tema “Membangun Semangat Berorganisasi yang Intelektual, Bermoral, Kritis Nasionalis & Berintegritas Qur’ani”.

Kegiatan ini di Buka secara langsung oleh Ketua Umum PMII Kabupaten Rokan Hulu, Muhammad Akbar Hermawan, turut hadir juga Wakil Sekretaris PCNU Kabupaten Rokan Hulu Kyai Agus Triyono, S.Sos., M.Pd, Ketum & Ketua KOPRI ISQ Syekh Ibrahim, UPP, STKIP Rokania & STAI Tuanku Tambusai berserta Pengurus.

Dalam kesempatan kali ini, PMII komisariat ISQ mempercayakan Wirdania Nasution & Irsandi Ibramayu Sinaga sebagai instruktur.

Ketua Panitia Pelaksana, Khoirutussoleh Nasution mengatakan bahwa Peserta MAPABA PMII ISQ yaitu 26 Peserta dari Komsat ISQ sendiri 13 Peserta, Komsat UPP 11 Peserta dan Komsat STKIP Rokania 2 Peserta.

Ketum PMII ISQ Syekh Ibrahim Fiqkri Alparizi juga menyampaikan, MAPABA sebagai jenjang kaderisasi formal pertama dalam PMII, bertujuan sebagai pengenalan awal terhadap mahasiswa terhadap PMII.

”Mapaba ini penting bagi mahasiswa yang ingin mengenal dan bergabung dengan PMII. Selain sebagai jenjang kaderisasi formal pertama dalam PMII, Mapaba juga harus dilalui oleh calon kader untuk menjadi anggota PMII dengan predikat Mu’takid, secara khusus,” ujar Fikri.

Ia melanjutkan, dengan adanya Mapaba ini, peserta diharapkan dapat selaras dengan tema yang diangkat.

“Banyak hal yang harus dipahami mahasiswa hari ini, saat sudah berani melangkah dan memutuskan sebuah pilihan menjadi mahasiswa, maka akan melekat sebuah tanggung jawab, mahasiswa sebagai seorang yang belajar di perguruan tinggi mempunyai nalar kritis, berintelektual, spiritual dan bertindak elegan adalah sifat yang melekat pada mahasiswa, selain itu juga tanggung jawab terhadap diri sendiri dan sosial,” Pungkasnya

Sementara itu, ketum PMII Kabupaten Rokan Hulu, Muhammad Akbar Hermawan menyampaikan, mMasa Penerimaan Anggota Baru atau MAPABA adalah fase orientasi dan pengenalan awal PMII kepada mahasiswa, dalam rangka rekruitmen mahasiswa untuk menjadi anggota PMII dimana di dalamnya di sampaikan materi kemahasiswaan dan kebangsaan, keislaman dan keaswaja’an.

“Sejak berdirinya PMII pada 17 April 1960, sementara di Kabupaten Rokan Hulu berdiri pada 16 Februari 2020, PMII adalah salah satu organisasi Mahasiswa terbesar di Indonesia maka sudah sepatutnya kita sebagai penerus agen of change untuk menjaga keutuhan pergerakan mahasiswa indonesia,” ujarnya

Ia berharap, kepada seluruh peserta Mapaba agar tetap istiqomah dalam berproses.

“Bersemangatlah dalam berproses di PMII, serta amalkan ilmu-ilmu yang sudah di dapat di PMII, tetap konsisten, tidak hanya tingkatan Mapaba tapi juga sampai ke jenjang selanjutnya dan menciptakan progres-progres yang baik untuk menjaga keutuhan NKRI,” pungkas ya.