Disnakbun Rohul Periksa Kesehatan 72 Ekor Hewan Kurban, Bupati Turut Serahkan Sapi Bobot 150 Kg

160
PASIRPENGARAIAN – Dinas Peternakan dan Perkebunan (Disnakbun) Kabupaten Rokan Hulu (Rohul) lakukan pemeriksaan langsung terhadap Hewan kurban di Masjid Islamic Center Kabupaten Rokan Hulu, Senin (19/07).
Dijelaskan Kepala Dinas Peternakan dan Perkebunan Rohul, CH Agung Nugroho, pada beberapa hari yang lalu telah dibentuk tim Pemeriksaan kesehatan hewan kurban oleh Dinas Peternakan dan Perkebunan.
“Pembentukan tim Pemeriksaan hewan kurban ini sesuai SK dengan Nomor :KPTS/DISNAKBUN-UPK/2021, dan hari ini mereka sudah mulai bekerja untuk melakukan pemeriksaan terhadap hewan kurban,” Terang Agung.
Diakui Agung, dari pemeriksaan kesehatan hewan kurban oleh Tim, seluruh hewan kurban yang ada di Masjid Islamic Center diketahui dalam keadaan sehat tanpa ada penyakit satupun.
“Untuk kesehatan, secara keseluruhan semuanya sehat dan sudah bisa untuk disembelih pada hari Rabu nanti,” Kata Agung.
Lanjut Agung, dari pemeriksaan kesehatan hewan kurban, diketahui juga bahwa seluruh Sapi yang akan disembelih di Islamic Center Pasir Pengaraian tidak terpapar virus Jembrana.
“Tidak ada yang terpapar virus Jembrana, karena virus ini hanya bisa terpapar oleh sapi Bali saja, sehingga tidak dapat menular ke Sapi lain apalah lagi ke manusia,” Sebutnya.
Ketika ditanya terkait gejala apa saja yang diderita oleh Sapi pengidap penyakit Jembrana, Agung menjelaskan bahwa Sapi yang telah tertular virus Jembrana dapat dilihat secara kasat mata, mulai dari air liur yang berlebihan hingga bercak-bercak merah di leher dan paha.
“Setelah dilakukan pemeriksaan kesehatan hewan kurban, secara fisik maupun kasat mata, semuanya sehat,” Tutup Agung.
Sementara itu, Kabag Kesra H Umzakirman mengungkapkan bahwa jumlah hewan kurban di Islamic Center Rokan Hulu yakni 72 ekor sapi.
“Hewan kurban dari 28 OPD Pemkab Rohul tahun ini terkumpul sebanyak 70 ekor sapi, 1 ekor dari Bank Riau Kepri dan satu ekor lagi dari Bapak Bupati Rohul, H Sukiman dengan bobot 150 Kg,” Jelasnya.
Rencananya, dari keseluruhan hewan kurban yang ada, 44 ekor sapi akan didistribusikan ke kecamatan dan Desa yang ada di kabupaten Rokan Hulu.
“44 ekor untuk disebarkan ke Masjid-Masjid yang ada di Kabupaten Rokan Hulu, sedangkan selebihnya akan disembelih di Islamic Center Kabupaten Rokan Hulu pada Rabu (21/07), tepatnya pukul 08.00 WIB,” Tambahnya.