Sempat Terkonfirmasi Positif Covid-19, 56 WBP Lapas Pasir Pengaraian Kini Telah Sembuh

68
PASIRPENGARAIAN – Dengan berbagai upaya dan kerjasama yang kompak, akhirnya 56 orang Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP) Lapas kelas IIB Pasir Pengaraian Kabupaten Rokan Hulu yang sempat terkonfirmasi Positif Covid-19 dinyatakan sembuh.
Hal ini disampaikan Kepala Lapas Pasir Pengaraian, Eri Erawan kepada awak media Riausmart.Com, Senin (26/07).
Dijelaskan Eri bahwa sebelumnya sebanyak 56 WBP dan 15 petugas Lapas Pasir Pengaraian sempat terkonfirmasi Positif Covid-19.
“Dari pemeriksaan sebelumnya diketahui, 56 WBP dan 15 Petugas Lapas Pasir Pengaraian positif Covid-19 dengan kategori Orang Tanpa Gejala (OTG),” Katanya.
Merujuk pada hal itu lanjut Eri, Lapas Pasir Pengaraian melakukan berbagai percepatan penanganan bagi seluruh petugas dan WBP yang terkonfirmasi Positif Covid-19.
“Awalnya, kita melakukan Swab Antigen dan Swab PCR yang bekerjasama dengan Dinas Kesehatan Kabupaten Rokan Hulu, selanjutnya kita menyarankan kepada petugas Lapas yang terkonfirmasi Positif untuk isolasi mandiri di rumah, sedangkan untuk WBP yang terkonfirmasi Positif, kita pindahkan dalam dua ruangan, terpisah dengan WBP lain yang tidak positif Covid,” tambah Eri.
Pasca mengetahui banyaknya WBP yang terkonfirmasi Positif Covid-19, Diakui Eri ada beberapa tahapan yang dilakukan Lapas Pasir Pengaraian  dalam upaya penanganan dan memutus mata rantai penyebaran Covid-19 di Lingkungan Lapas.
“Untuk setiap hari, kita biasakan setiap WBP yang positif Covid untuk berjemur di pagi hari dan rutin melakukan olahraga sebanyak 2 kali sehari,” sebutnya.
Selain itu, Lapas Pasir Pengaraian juga memberikan masker gratis kepada seluruh penghuni lapas dan menyemprotkan disinfektan di seluruh ruang dan kantor.
“Kita juga membuat alat terapi Sauna Herbal dengan bahan-bahan alami yang diuapkan,” jelasnya.
Dengan kerjasama dan kerja keras dari berbagai pihak, setalah melewati masa isolasi mandiri, 56 WBP kembali dilakukan tes Swab Antigen dan dinyatakan Negatif Covid-19.
“Alhamdulillah seluruh WBP yang sempat Positif, kini telah Negatif Covid-19, kini sisa 2 orang petugas Lapas Pasir Pengaraian yang masih menjalani isolasi Mandiri,” tukas Kalapas.
Melalui media Riausmart.com, Eri Erawan mengatakan bahwa Covid-19 itu benar-benar ada, namun tidak menjadikan kita untuk cemas ataupun risau melainkan tetap menjaga diri dan rutin menerapkan protokol Kesehatan.
“Bagaimanapun kita harus tetap ikhtiar meminta pertolongan kepada Allah SWT agar Covid-19 ini segera hilang, dan kami juga sampaikan kepada seluruh masyarakat Rokan Hulu untuk untuk tidak begitu khawatir dengan keluarganya yang berada di Lapas Pasir Pengaraian, dan disini saya sampaikan bahwa kami masih menerima Warga Binaan,” tukasnya.