Hina Agama Islam, Youtuber Muhammad Kece Ditangkap di Bali

89
JAKARTA, Riausmart.com – YouTuber Muhammad Kece diamankan oleh tim Bareskrim Polri lepas video dugaan penistaan agama kepada  Nabi Muhammad SAW tersebar di dunia maya.
Kabareskrim Komjen Agus Andrianto menjelaskan Muhammad Kece akan dibawa ke Bareskrim hari ini.
“Hari ini akan dibawa ke Bareskrim,” tutur Agus ringkas saat diminta verifikasi, Rabu (25/08).
Agus tidak menerangkan secara tepat kapan Muhammad Kece diamankan. Dia hanya menyebutkan pria berbadan kurus tersebut diamankan Polisi di Bali.
“Telah diamankan. (Di) Bali,” katanya.
Muhammad Kece awalnya dilaporkan oleh beberapa pihak masalah videonya yang diduga menistakan agama. Polisi memperjelas bukti awalnya cukup hingga kasus ditingkatkan ke penyelidikan.
“Tentunya ada info pakar dan petunjuk. Petunjuk itu bisa kita mendapatkan dari barang bukti yang sudah di-publish oleh yang berkaitan,” kata Kabag Penum Divisi Humas Polri Kombes Ahmad Ramadhan saat dijumpai di Mabes Polri, Jalan Trunojoyo, Jakarta Selatan, Selasa (24/8).
Menurut Ramadhan, video yang di-publish Muhammad Kece mempunyai potensi memunculkan perpecahan. Karenanya, sesudah diverifikasi, beberapa video itu di-takedown oleh Kementerian Komunikasi dan Informasi (Kominfo).
“Video (MK) mempunyai potensi keributan memecah-belah. Karena itu dilaksanakan analisis, dilaksanakan klarifikasi untuk dilaksanakan takedown, yang melakukan takedown itu wewenangnya di Kementerian Kominfo,” tambah Ramadhan.