Puluhan Barel Minyak Tumpah, SPR Langgak Lakukan Pengecekan ke Lokasi

PASIRPENGARAIAN – Dalam beberapa pekan, puluhan barel minyak bumi di Kecamatan Pendalian IV Koto, Kabupaten Rokan Hulu (Rohul), Provinsi Riau tumpah dan menggenangi lokasi.
Menurut keterangan dari warga yang tak mau disebutkan namanya mengatakan, aset negara tersebut sudah beberapa tahun tak beroperasi dan tumpahan minyak ini sudah terjadi beberapa pekan yang lalu, namun tidak ada upaya baik dari Pemerintah atau pihak terkait untuk mengatasi hal tersebut.
Tambah warga tersebut, apabila tidak ada jalan keluar atau tak segera ditanggulangi, dikhawatirkan  akan menimbulkan pencemaran lingkungan.
“Kalau tak segera ditanggulangi, tentu saja akan merugikan masyarakat disekitar lokasi lapangan minyak,” Sebutnya.
Sementara itu, Head of Field Support PT SPR Langgak, Rafiq Adriansyah ketika dikonfirmasi Rabu (24/08/2021) mengatakan, belum mengetahui pasti terkait kejadian tumpahan minyak di Pendalian IV Koto
“Kita juga belum mengetahui penyebab pasti terjadinya tumpahan minyak tersebut, hal ini Karena lokasi tersebut bukanlah wilayah kerja SPR Langgak,” tuturnya.
Dalam penjelasan Rafiq, lokasi tersebut adalah bekas operasi PT Sumatera Persada Energi (SPE), bukan kawasan operasional PT SPR Langgak atau kawasan Blok Langgak.
“sebelumnya wilayah ini dikerjakan oleh Sumatera Persada Energi (SPE) yang kontraknya tidak mereka perpanjang dan saat ini sudah diserahkan kembali kepada negera,” paparnya.
Mengantisipasi bocornya minyak yang ditakutkan dapat mengakibatkan pencemaran lingkungan, diakui Rafiq bahwa SPR Langgak diminta oleh SKK Migas untuk melakukan pengecekan ke lokasi.
“Sebetulnya ini bukan tanggung jawab SPR Langgak, tetapi secara moral kita siap membantu jika ditunjuk oleh SKK Migas untuk membersihkan lokasi tersebut dengan tujuan agar tidak terjadi dampak negatif kepada masyarakat dan lingkungan,” tutup Rafiq.