Sindikat Ganjal ATM Ditangkap Polda Metro Jaya

51
JAKARTA,Riausmart.com – Barisan Direktorat Reserse Kriminal Umum Polda Metro Jaya baru saja sukses menciduk tiga pelaku yang tergabung dalam sindikat ganjal ATM. Sindikat ini berbeda dari sindikat yang lain karena, mereka memakai modus baru saat beraksi.
Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Pol Yusri Yunus menyebutkan kasus ini terungkap sesudah pihaknya terima laporan polisi dari korban. Korban merasa isi ATM nya dikuras habis oleh sindikat ini.
“Kejadiannya pada 28 Maret lalu di ATM di minimarket di Kranji, Bekasi Barat,” kata Kombes Yusri dalam pertemuan pers di Mapolda Metro Jaya, Jakarta, Senin (30/8/2021).
Saat itu, korban akan mengambil uang di mesin ATM. Tetapi, korban tidak berhasil mengambil uang dan tiba tiba uang di rekeningnya habis tidak sisa.
Kombes Yusri menyebutkan sindikat ini beraksi dengan mengganjal mesin ATM. Tetapi, langkah beraksinya berbeda dari sindikat sindikat ganjal ATM yang sempat ditangkap oleh polisi.
“Mereka modusnya berbeda. Ia ganjal ATM sehingga orang ingin mengambil uang, kartu ATMnya tidak dapat masuk. Kemudian tiba seseorang kembali perannya ia akan menolong untuk memasukkan kartu ATM itu,” kata Yusri.
“Saat ditolong, kartu ATM nya diganti dengan kartu yang ia telah persiapkan, ATM yang telah dikerik tipis sampai dapat masuk ke mesin. Yang muncul karena bukan ATM aslinya tidak bisa digunakan. Sekali, 2x gagal, saat korban pergi, aktor berlaga ambil uang korban sampai Rp 36 juta,” ikat Yusri.
Dalam kasus ini, polisi sukses tangkap 3 orang terdakwa yang bergabung dalam sindikat. Mereka telah beraksi belasan kali di daerah Bekasi.
Atas tindakannya, beberapa terdakwa dikenai Pasal 363 KUHP. Beberapa terdakwa terancam hukuman di atas 5 tahun penjara.