Menuju Pilkades Rohul Serentak, Sekda : Tetap Menerapkan Prokes

131
PASIRPENGARAIAN – Menuju pelaksanaan Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) serentak gelombang III di Kabupaten Rokan Hulu, berbagai kepala OPD menggelar rapat di Aula Lantai Tiga kantor Bupati Rohul, Kamis (02/09).
Rapat yang dipimpin oleh Sekda Rohul, H Abdul Haris, M.Si turut dihadiri oleh Asisten I, Kepala Dinas DPMPD Margono, Perwakilan Kesbangpol, Perwakilan Dinkes, Perwakilan Satpol-PP Rohul, serta APDESI dan Jajaran OPD lainnya.m
Dijelaskan Sekda Rohul, Abdul Haris bahwa rapat tersebut merupakan agenda rapat awal dalam pilkades serentak gelombang ketiga tahun 2021.
“Dalam rapat kita membahas terkait tugas-tugas dari kepanitiaan dimana dalam kepanitiaan ada tiga tingkatan, yakni panitia tingkat Kabupaten, Panitia tingkat Kecamatan dan Panitia tingkat Desa,” Jelasnya.
Dari hasil rapat, diketahui bahwa tahapan Pilkades akan dimulai pada Jumat (03/09) esok, dimana seluruh Desa yang akan melakukan Pilkades serentak akan mendapat sosialisasi.
“Untuk sekretariat sendiri, kita tetapkan di Gedung DPMPD Kabupaten Rokan Hulu Komplek Pemda Rohul,” Sebutnya Abdul Haris.
Tambah Abdul Haris, bahwa terdapat 19 Desa yang akan melaksanakan Pilkades serentak pada gelombang III tahun 2021 dengan puncak pelaksanaan pemungutan suara pada 02 Desember 2021 mendatang.
“Penyelenggaraan Pilkades ini, untuk wilayah yang kepala Desa nya memang telah berakhir masa jabatannya atau Kepala Desa yang berhalangan tetap seperti meninggal dunia,” Kata Abdul Haris.
Mengingat pandemi Covid-19 masih berlangsung hingga waktu yang tidak diketahui kapan akan berakhir lanjut Abdul Haris, maka dipastikan pelaksanaan Pilkades gelombang III tahun 2021 akan dilakukan dengan tetap menerapkan protokol kesehatan.
“Sama seperti Pilkada Kabupaten Rokan Hulu sebelumnya dan ini juga sesuai Surat Mendagri yang melarang penetapan calon, pelaksanaan kampanye dan pemungutan suara dilaksanakan Sampai 09 Oktober 2021, sehingga nantinya pada pelaksanaan Pilkades, akan kita sesuaikan dengan surat tersebut, yakni menerapkan Prokes secara ketat,” Tambah Sekda.
Dengan pelaksanaan Pilkades nantinya, Abdul Haris berharap dapat menemukan Sosok Kepala Desa yang defenitif, sehingga mampu melakukan pembangunan, pembinaan Desa, sehingga berujung pada terwujudnya Pemerintahan Desa yang baik sesuai harapan masyarakat Desa tersebut.