Ciptakan Pembangunan yang Akuntabilitas, Pemkab Rohul Jalin Kerjasama Dengan BPKP Perwakilan Riau

47
PASIRPENGARAIAN – Demi mewujudkan Program Pembangunan Daerah sesuai perencanaan dan pelaksanaan yang baik dan akuntabilitas, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Rokan Hulu (Rohul) jalin kerjasama dengan Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP) Perwakilan Provinsi Riau.
Bentuk keseriusan kerjasama antara dua instansi tersebut, telah dilakukan Silaturahmi antara Pemkab Rohul bersama BPKP Perwakilan Provinsi Riau di Pendopo Rumdis Bupati, Jumat (10/09).
Disampaikan Kepala BPKP Provinsi Riau Fauqi Achmad Kharir Ak. M.Ec Dev bahwa dengan adanya kerjasama dibidang Pengawasan penyelenggaraan Pemkab daerah, maka dapat memperkuat sinergitas antara BPKP dengan Pemkab Rohul.
Dalam kata sambutannya, Fauqi Achmad mengakui bahwa ini merupakan kunjungan kerja sekaligus silaturahmi perdananya di Negeri Seribu Suluk, Kabupaten Rokan Hulu
“Ada beberapa hal yang akan menjadi fokus kerjasama ini terkait pengawasan penyelengaraan pemerintahan, pengelolaan keuangan daerah dan pembinaan sistem pengendalian intern pemerintah (SPIP),” buka Fauqi di hadapan Bupati yang diwakili oleh Wabup Rohul H Indra Gunawan.
Fauqi mengatakan, sebagai partner  yang telah meraih level 3 Nasional, diharapkan kepada Inspektorat Daerah Rohul dapat melaksanakan pengawasan pembangunan daerah sebagai perpanjangan tangan BPKP di Kabupaten Rokan Hulu.
“Inspektorat sebagai lembaga pengawasan, para APIP bisa menjadi partner kami dalam pengawasan pengelolaan keuangan desa. Seluruh desa dengan APBDes salah satunya dana desa relatif cukup besar,” ujarnya.
Oleh karena itu lanjut Fauqi, dibutuhkan bantuan dari Inspektorat Rohul dalam pengelolaan dan pengawasannya terhadap penggunaan anggaran daerah di Pedesaan, dengan harapan Roguk semakin maju dan makmur.
Ditempat yang sama, Wakil Bupati Rohul H. Indra Gunawan mengatakan Pemkab Rohul menyambut baik atas kerjasama antara Pemkab Rohul dengan BPKB Perwakilan Riau.
“Tentunya kami berharap, kerjasama ini dapat mewujudkan tata kelola pemerintahan Kabupaten Rokan Hulu yang baik, terutama dibidang pengawasan keuangan daerah, SPIP dan kinerja daerah,” Ungkap Wabup.
Ketika ditanya terkait pentingnya Pengawasan pembangunan di Lingkungan Pemkab Rohul, pria yang akrab disapa Ujang Lurah tersebut mengatakan hal tersebut sangatlah penting, karena hal tersebut sangat mempengaruhi kinerja dan capaian pembangunan yang dihasilkan.
“Oleh karena itu, perlunya bimbingan dan arahan dari BPKP mulai dari awal perencanaan, pelaksanaan hingga pertanggungjawaban,” Tambah Wabup.
Kepada seluruh OPD, Wabup mengajak untuk melakukan koordinasi serta konsultasi ke Aparat Pengawas Internal Pemerintah (APIP) yakni Inspektorat Kabupaten Rokan Hulu sebagai perpanjangan tangan BPKP Perwakilan Riau jika terdapat kendala dalam pelaksanaan pembangunan.
“Saya minta kepada OPD jika ada ragu dalam kegiatan perencanaan dan pelaksanaan kegiatan berkonsultasi dengan Inspektorat Rohul yang akan melakukan inisiatif dalam hal pengawasan dengan memberikan jasa Consulting sebagai Quality Assurance serta telah membuka Layanan Klinik Konsultasi (Coaching Clinic) pengawasan bagi Perangkat Daerah,” Sebut Wabup.
“Kami juga harapkan dengan adanya kerjasama ini, Perangkat Daerah akan merasa lebih aman dan nyaman dalam melaksanakan kegiatan pembangunan, tentunya juga harus dilaksanakan sesuai ketentuan dan Peraturan Perundang-Undangan yang berlaku,” Pungkasnya.