Menuju Lomba HATINYA, Ketua TP PKK Rohul : Alhamdulillah Sudah 75 Persen

27
PASIRPENGARAIAN – Persiapan Desa Kumain Kecamatan Tanjung, Rohul sebagai objek Penilaian Lomba Hatinya (Halaman, Asri, Teratur, Indah dan Nyaman) PKK dalam rangka memperingati Hari Kesatuan Gerak (HKG) PKK Provinsi Riau telah mencapai 75 persen.
Hal ini disampaikan Ketua TP PKK Rohul Hj Peni Herawati Sukiman bersama bupati Rokan Hulu, H Sukiman saat melakukan peninjauan progres persiapan di Desa Kumain, Senin (14/09)
Diakui Hj Peni Herawati Sukiman bahwa persiapan Desa Kumain mengikuti lomba Hatinya PKK telah mencapai 75 persen dalam jangka waktu yang terbilang singkat, yakni 5 hari.
“Melalui peninjauan ini kita melihat sejauh mana progres dan kekurangannya, jadi bisa sebagai bahan evaluasi kita untuk perbaikan kedepannya. Sejauh ini sudah berjalan dengan baik, bahkan progressnya mencapai 75 persen,” kata wanita berparas lemah lembut tersebut kepada awak media.
Untuk mencapai kesiapan yang matang, diakui Hj Peni bahwa sejak Rabu 08 September 2021 beberapa OPD terkait telah melakukan rapat serta membentuk Pokja yang diturunkan langsung ke Desa Kumain, guna meninjau persiapan penilaian Lomba Hatinya yang akan dilaksanakan pada 23 September 2021 mendatang.
“Semuanya itu saya cek satu persatu tadi, seperti Administrasi PKK, Pembinaan keluarga, Produk olahan berbahan baku alami, produk IKM, Keterampilan sekaligus lainnya sudah berjalan baik dan Alhamdulillah persiapannya sudah mencapai 75 persen,” Tambahnya meyakinkan.
Hj Peni menjelaskan bahwa perkembangan persiapan lomba Hatinya PKK tidak hanya dipantau secara langsung kelapangan, melainkan juga melalui Group WA yang terus dipantau. Hal ini dikarenakan setiap Pokja melaporkan hasil kerjanya baik hasil keterampilan, adminitrasi PKK dan produk lokal lainnya.
“Karena disini sudah kita bagi tugasnya masing-masing dan setiap progres disampaikan dalam Grup WA. Jadi siapapun yang tidak kerja bisa kita pantau dalam grup ini. Setiap bidang item penilaian sudah dikerjakan masing-masing Pokja. Bahkan ada yang kerja sampai pukul 12.00 WIB baik yang ngecat, administrasi, kerajinan dan keterampilan,” terang Hj Peni.
Dalam peninjauan tersebut, Ketua TP PKK Rohul menyempatkan untuk melihat langsung Produk lokal IKM dan Keterampilan yang nantinya akan ditampilkan pada penilaian lomba.
Dengan kerja keras OPD, PKK, Camat dan Desa, Bunda PAUD Rohul tersebut optimis bisa meraih hasil terbaik dalam Lomba Hatinya PKK tingkat Provinsi Riau.
Terkait kekurangan PKK dan Posyandu, Ia mengaku akan mensupport dan mengakomodir kebutuhan untuk perlombaan tersebut demi kemajuan masyarakat Kabupaten Rokan Hulu.
“Terkait permintaan dan saran dari Panitia dan Posyandu terkait pakaian seragam, akan saya dukung. Saya Optimis dan tidak ada keragu-raguan melihat kegigihan dan kerja keras Ibu PKK, Panitia dan seluruh pihak demi mendapat hasil yang baik. Mudah-mudahan Allah mengizinkan kegiatan kita ini berjalan lancar,” harapnya.
Sementara itu, Bupati Rohul H. Sukiman mengakui telah menyerahkan SK Penetapan Desa Kumain mengikuti Lomba Hatinya PKK tingkat Provinsi Riau.  Oleh karena itu OPD di Rohul diminta berkoordinasi sesuai dengan tupoksinya untuk mendapatkan hasil untuk memeriahkan HKG tingkat Provinsi.
“Tadi saya sudah menyerahkan SK penetepan Desa Kumain untuk mengikuti lomba Hatinya PKK ini. Saya minta OPD berkoordinasi sesuai dengan tupoksinya. Kita ditetapkan Provinsi untuk lomba Hatinya PKK, kita tunjuk desa Kumain,” Kata Bupati.
Untuk mendukung penilaian Lomba Hatinya PKK, Bupati juga menyerahkan Kartu Identitas Anak (KIA) dan Buka Kesehatan Ibu Anak (KIA), serta bantuan OPD dan pihak swasta lainnya untuk mendukung lomba Hatinya PKK.
“Semoga kita mendapatkan hasil yang terbaik sebagai modal agar dengan harapan kita bisa mewakili Provinsi Riau tingkat Nasional,” harapnya.
Masih ditempat yang sama, Kepala Desa Kumain Darwadi mengaku sebelum ditunjuk dan diserahkan SK Penetapan Desa lomba Hatinya PKK, Ia mengaku Desanya jauh hari sebelum mengikuti perlombaan tersebut sudah membuat lomba DasaWisma setiap tahunnya.
“Sebelum diterimanya SK ini, sebelumnya juga sudah kita lakukan setiap tahun. Sejak 2019 kita membuat lomba dasa wisma setiap agenda rutin tiap tahun dalam rangka lomba 17 Agustus,” jelas Kades.
“Walaupun ini mendadak tapi dengan sudah adanya lomba tahunan dasa wisma ini, kami sudah membiasakan menanam dan menghiasi sesuai kemampuan kami dan siap berjuang bersama dalam lomba hatinya PKK,” tambahnya.
Terkait beberapa kekurangan seperti Bibit tanaman, sarana dan prasarana, kolam ikan dan tanaman lainnya, Kades Kumain memohon kepada Pemkab Rohul melalui OPD terkait untuk mengakomodir beberapa kekurangan tersebut.
“Kekurangan bibit tanaman dan saranan prasarana, kolam ikan, Poster dan baliho Prokes dan tanaman lain yang belum ada di Desa Kumain bisa dbantu OPD. Untuk kebutuhan Cat disupport PTPN V,” harapnya.
Diakhir Peninjauan, Bupati, Ketua TP PKK, Wakil Ketua TP PKK dan Kepala OPD mencicipi kuliner produk olahan lokal seperti Taro Gadebog Pisang, Dendeng Jantung pisang, nasi tiwul dan kerajinan Besek.