616 WBP Lapas Pasir Pengaraian Telah Divaksinasi COVID-19

PASIRPENGARAIAN –  616 dari 709 Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP) Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Klas II B Pasir Pangaraian sudah divaksinasi Covid 19.
Hal ini disampaikan Kalapas Klas II B Pasir Pangaraian Eri Erwan, melalui Kepala Seksi Pembinaan dan Pendidikan (Binadik) Boy Fernandez, Ahad (10/10).
Diakui Boy, vaksinasi Covid-19 terhadap warga Lapas Pasir Pengaraian telah mencapai 93 persen, atau 616 dari 709 Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP).
“Dari 709 WBP, 661 diantaranya sudah dapatkan vaksin dosis 1, 49 orang diantaranya juga telah mendapat vaksin dosis 2. Masih ada 16 orang yang tidak bisa divaksin karena saat pemeriksaan kesehatan dinyatakan belum layak dan ditunda pemberian vaksinasinya,” sebut Boy.
Lanjut Boy, bahwa vaksinasi ini merupakan  program Lapas Kelas IIB Pasir Pengaraian dalam memutus mata rantai penyebaran pandemi COVID-19 di lingkungan Lapas.
“Karena Lapas jadi salah satu daerah rawan penyebaran Covid-19, apalagi dengan kondisi over kapasitas. Kami dari Lapas terus berupaya berkoordinasi dengan instansi terkait agar vaksinasi bagi warga binaan dapat disegerakan,” ujarnya.
Boy juga mengakui bahwa sebelumnya 52 WBP Lapas Pasir Pangaraian pernah terjadi cluster penyebaran Covid-19, namun semua itu masih bisa ditangani dan disembuhkan. 
 
Untuk pemberian vaksinasi Dosis kedua bagi Warga Binaan yang sudah mendapat vaksin dosis pertama lanjut Boy, rencananya akan kembali dilakukan setelah 28 hari kedepan.
“Dalam melakukan vaksinasi ke warga binaan, kita bekerjasama dengan Dinas Kesehatan (Diskes) setempat dan juga kepolisian melalui program serbuan vaksinasi,” Akuinya.
Dengan telah dilakukan vaksinasi bagi Warga Binaan, Boy berharap seluruh warga binaan dapat membentuk herd imunity bagu WBP, sehingga mengurangi resiko terpapar dan penularan eksponensial.