Pokdar Kamtibmas Rokan Hulu Resmi Dilantik Oleh Kapolres Rohul

PASIRPENGARAIAN – Pengurus Kelompok Sadar Keamanan dan Ketertiban Masyarakat (Pokdar Kamtibmas) Resort Kabupaten Rokan Hulu masa Bhakti 2021-2024 resmi dilantik oleh Kapolres Rokan Hulu, AKBP Eko Wimpiyanto Hardjito SIK.
Pelantikan yang digelar di Ruang Aula Rupatama Polres Rohul tersebut dihadiri oleh Bupati Rohul, H Sukiman, Waka Polres Rohul, Kompol Adi Prabowo SH SIK serta seluruh Personel Polres Kabupaten maupun Polsek Kecamatan.
Diakui Kapolres Rohul, AKBP Eko Wimpiyanto Hardjito SIK, bahwa pelantikan yang dilaksanakan pada Jumat (15/10) lalu terhadap Pokdar Kamtibmas resort Rohul bertujuan untuk menjaga eksistensi Pemeliharaan keamanan dan ketertiban masyarakat (Harkamtibmas) wilayah Negeri Seribu Suluk, Kabupaten Rokan Hulu.
“Fungsi Pokdar Kamtibmas ini adalah  sebagai Kepolisian terbatas yang mempunyai wewenang, apabila ada permasalahan di tengah masyarakat bisa diselesaikan terlebih dahulu oleh Pokdar Kamtibmas melalui musyawarah,” Kata Kapolres.
Selain daripada itu, Pokdar Kamtibmas juga memiliki kewajiban untuk menjalin kemitraan masyarakat dengan Polri dalam peningkatan kesadaran hukum dan cegah tangkal gangguan kamtibmas.
“Bangun komunikasi dalam memelihara situasi kamtibmas serta mendorong partisipasi masyarakat dalam menumbuh kembangkan daya cegah tangkal dini terhadap segala bentuk gangguan Kamtibmas,” sebutnya lagi.
Melalui awak media, Kapolres juga mengajak kepada seluruh lapisan masyarakat agar dapat menciptakan situasi yang aman serta kondusif, dimana apabila terdapat persoalan atau permalasahan di tengah masyarakat, agar dapat menghubungi Pokdar Kamtibmas demi tidak adanya tindakan main hakim sendiri oleh masyarakat.
Sementara itu, Bupati Rohul H Sukiman mengaku sangat mengapresiasi Kapolres Rokan Hulu beserta petinggi lainnya dalam menciptakan suasana aman dan tertib di tengah masyarakat, yakni dengan membentuk Pokdar Kamtibmas.
“Dengan pembentukan Pokdar Kamtibmas ini, salah satunya upayanya kita,  tentunya tugas para Anggota ini cukup berat, yakni menciptakan suatu lingkungan yang aman, damai dan tentram,” katanya.
Lanjut Bupati H Sukiman, dalam menciptakan keamanan ketertiban masyarakat, tentu harus dimulai dan dibentuk dari diri sendiri, selanjutnya suatu kelompok yang sadar tentang perlunya keamanan ketertiban masyarakat.
“Oleh karena itu tentunya, jaga  sikap,  perilaku dan  ucapan yang terpuji yang harus dihadirkan di tengah masyarakat kita,” Tambah Sukiman.
Orang nomor satu di Kabupaten Rokan Hulu itu juga mengatakan bahwa, kehidupan masyarakat Rohul yang beraneka ragam, Suku, Agama,  Ras Golongan, tentu harus  saling menghargai antara satu dengan yang lain.
“Insha Allah kita selalu mengharapkan kehadirannya (pokdar Kamtibmas) bisa semakin baik dan semakin tumbuh dan berkembangnya keinginan dan kesadaran masyarakat untuk menciptakan keamanan yang tertib dan aman,” tutup H Sukiman mengakhiri.
Dalam pelantikan Pokdar Kamtibmas Resort Rohul periode 2021-2024, terpilih sebagai sebagai Ketua, Supratman, Wakil  Ketua Hendrik Halawa, Sekertaris Yosep Yanto Siahaan, akil Sekretaris Rediun Harianja, Bendahara, Antika Ramayani dan Wakil Bendahara Rina Rahayu.