Kakan Kemenag Rohul Targetkan Rokan Hulu Juara 1 MTQ Tingkat Provinsi Riau

PASIRPENGARAIAN – Wakil Bupati Rokan Hulu (Rohul) H Indra Gunawan yang diwakili oleh Asisten III setdakab Rokan Hulu, Edi Suherman SH membuka secara resmi Pelatihan bagi Peserta perwakilan Negeri Seribu Suluk, Kabupaten Rokan Hulu dalam mengikuti Musabaqah Tilawatil Qur’an (MTQ) tingkat Provinsi Riau ke 39 yang akan dilaksanakan di Pelalawan.
Hadir dalam pembukaan pelatihan peserta MTQ, Kemenag Kabupaten Rokan Hulu,  Afrialsyah Lubis, Kabag Kesra Pemkab Rohul sekaligus Panitia Pelaksana, Umzakirman, Ketua DPRD Rohul, Novliwanda Ade Putra diwakili Anggota, H Mahmud SE sekaligus peserta MTQ tingkat Provinsi Riau perwakilan Kabupaten Rokan Hulu.
Disampaikan Asisten III Setdakab Rohul, Edi Suherman, dalam mengikuti pelatihan menjelang perlombaan MTQ tingkat Provinsi Riau, diharapkan kepada seluruh peserta Kafilah perwakilan Kabupaten Rokan Hulu agar dapat mengikuti arahan setiap pembina sekaligus pelatih.
“Yang paling kami tekankan kepada seluruh peserta, untuk tetap mengikuti Protokol Kesehatan selama mengikuti pelatihan dan selama perlombaan di Pelalawan,” Sebutnya.
Ditempat yang sama, Kakan Kemenag Kabupaten Rokan Hulu, Afrialsyah Lubis berharap Kabupaten Rokan Hulu dapat menorehkan prestasi di MTQ tingkat Provinsi Riau.
“Kalau target kita itu sih mendapatkan Juara 1, minimal Juara 2, hal ini didukung adanya beberapa qori dan qoriah kita yang telah mendapat juara MTQ di tingkat Nasional, seperti Ananda Bayu, itu dapat juara Nasional, ada juga ananda Bintang, itu juara 1 MTQ tingkat Nasional, dan ini semua adalah putra putri asli orang Rohul,” Jelas Kakan Kemenag.
Dalam pemberian pelatihan, Kakan Kemenag Afrialsyah berharap kepada seluruh pelatih untuk dapat bersungguh-sungguh memberikan pelatihan kepada qori-qoriah Kabupaten Rokan Hulu yang akan bertarung pada MTQ tingkat Provinsi Riau ke 39.
“Kita berharap pelatihan selama 4 hari 3 malam ini benar-benar dimanfaatkan oleh peserta MTQ kita, untuk berlatih dan mempersiapkan diri dalam mengikuti lomba,” tambah Kakan Kemenag.
Sementara itu, Kabag Kesra Pemkab Rohul sekaligus Panitia Pelaksana, Umzakirman mengaku jumlah peserta pelatihan MTQ Provinsi perwakilan Kabupaten Rokan Hulu, yakni sebanyak 60 orang yang berasal dari 16 Kecamatan yang ada di Kabupaten Rokan Hulu.
“Ada 60 peserta, sedangkan untuk perlombaannya ada 8 cabang yang kita ikuti, seperti Cabang Tilawatil Qur’an, Cabang Hifzil Qur’an, Cabang Fahmil Qur’an, Cabang Syarhil Qur’an, Cabang Tafsir Qur’an, Cabang Khattil Qur’an, Cabang Musabaqah Karya tulis ilmu Al – Qur’an dan Cabang Musabaqah hafalan hadits,” jelas Umzakirman.
Diakuisisi Umzakirman, selama pelatihan dan mengikuti MTQ tingkat Provinsi di Pelalawan, seluruh qori dan qoriah asal Kabupaten Rokan Hulu juga diwajibkan untuk tetap mengikuti Protokol Kesehatan.