Gelar Rapat Evaluasi Kinerja OPD, Bupati H. Sukiman Harap Kepala OPD Bisa Menjadi Contoh Bagi Bawahannya

PASIRPENGARAIAN – Dalam jangka waktu lebih kurang 100 hari kepemimpinan Bupati dan Wakil Bupati Rokan Hulu (Rohul), H Sukiman dan H Indra Gunawan menakhodai Negeri Seribu Suluk, tepat pada Selasa (02/11) Bupati Sukiman menggelar rapat evaluasi kinerja terhadap seluruh Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Pemkab Rohul.
Rapat evaluasi kinerja OPD ini dilaksanakan di Ruang Rapat Rumah Dinas Bupati, Komplek Pemda Pasir Pengaraian Kecamatan Rambah, Rokan Hulu.
Didampingi Wakil Bupati H. Indra Gunawan, Bupati Sukiman tampak serius memimpin rapat yang dihadiri oleh Pj Sekda Rohul M. Zaki S.STP M.Si, Kadis Kominfo Rohul Drs Yusmar M.Si, Para Asisten, Staf Ahli Bupati dan Kepala OPD Pemkab Rohul.
Pasca menggelar rapat evaluasi kinerja Pegawai Pemkab Rohul, Bupati Sukiman mengakui bahwa rapat evaluasi kinerja bagi OPD ini merupakan salah satu cara untuk mengetahui capaian maupun keberhasilan pelaksanaan program di setiap OPD sesuai dengan Visi Misi Bupati dan Wabup Rohul untuk Rokan Hulu lebih Maju.
“Sekarang sudah mendekati akhir tahun, oleh karena itu saya sampaikan kepada Kepala OPD pekerjaan kegiatan fisik yang belum selesai supaya di Menej (kelola) untuk diselesaikan tepat pada waktunya,” Sebut Bupati.
Diakui Bupati Sukiman, pelaksanaan evaluasi kinerja ini sangat penting. Mengingat evaluasi kinerja ini tidak hanya meliputi kinerja masa lalu, namun juga membahas terkait bagaimana perencanaan pembangunan yang akan datang tepat pada waktunya dan disiplin dalam pelaporan sesuai dengan aturan.
“Jadi harus benar-benar disiplin, tertib perencanaan, pelaksanaan kegiatan, tertib pengawasan dan tertib pelaporan,” jelas Sukiman.
Menurut Sukiman tertib administrasi pertanggungjawaban keuangan tepat pada waktunya sangatlah penting, agar tidak terjadi kekeliruan atau hal-hal yang tidak diinginkan.
Selain daripada itu, dalam rapat Evaluasi kinerja pegawai, Sukiman juga berharap kepada Kepala OPD untuk menjadi contoh dan tauladan bagi staf dan bawahannya, serta mempedomani hal-hal yang berhubungan dengan kepemimpinan.
“Ada beberapa poin penting yang kami sampaikan kepada OPD. Pertama, anggaran yang ada di OPD diharapkan dapat dilaksanakan dengan teliti sesuai dengan regulasi dan aturan serta peraturan yang ada, untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan,”kata Sukiman.
Bupati juga berharap kepada seluruh OPD untuk tetap waspada, bertanggung jawab dengan pekerjaan yang di laksanakan. Pelaksanaan kegiatan APBD perubahan juga harus di perhitungkan dengan cermat, sehingga  dapat di laksanakan tepat waktu, tepat sasaran yang dilengkapi dengan kajian resiko serta pertanggung jawaban  administrasi dan keuangan yang lengkap.
“Yang pasti, dalam pelaksanaan pekerjaan, OPD harus tetap menjaga tim yang solid, saling mendukung, jangan terjadi pengkotak-kotakan, justru harus bersinergi dan isi mengisi serta melengkapi untuk Rokan Hulu maju,” Tambah Sukiman lagi.
Terkait pandemi Covid-19, walaupun kasus Covid-19 di Rohul telah mengalami penurunan, Nunggu Bupati Sukiman meminta kepada seluruh Kepala OPD untuk tetap melakukan pengawasan terhadap stafnya, sehingga aparatur Pemerintahan Kabupaten Rokan Hulu tetap dapat bekerja sesuai tupoksinya masing-masing.
“Harus tetap mematuhi Prokes dan melaksanakan Vaksinasi bagi yang belum, Situasi pandemi hendak nya jangan dimanfaatkan sebagai alasan tidak melaksanakan tugas ke kantor, tapi jadikan sebagai motivasi dan spirit melaksanakan tugas,” Pungkas Sukiman. (ADV)