Polres Rohul Gelar Operasi Zebra 14 Hari Kedepan, Catat Tanggal Pentingnya

PASIRPENGARAIAN – Dalam rangka mencegah penyebaran pandemi covid-19 serta mewujudkan Kamseltibcar lantas yang baik menjelang natal dan tahun baru 2022, Polres Rokan Hulu (Rohul) kembali menggelar Operasi Zebra Lancang Kuning 2021.
Pembukaan kegiatan operasi Zebra dibuktikan dengan Apel Gelar Pasukan yang dilaksanakan pada Senin (15/11) sekira pukul 08.30 WIB di Mapolres Rokan Hulu Jalan Lingkar KM 4 Pasir Pengaraian.
Apel Operasi Zebra dipimpin langsung oleh Kapolres Rokan Hulu, AKBP Eko Wimpiyanto Hardjito SIK MH dan turut dihadiri PJ Sekretaris Daerah Rokan Hulu, Muhammad Zaki, S.Stp, Wakil Ketua DPRD Rohul Andrizal, Danramil 02 Rambah, Kasatpol PP, serta Perwakilan Dinas Perhubungan.
Dalam kegiatan operasi Zebra kali ini, Polres Rokan Hulu mengangkat tema “Melalui Operasi Zebra Lancang Kuning 2021, Kita Tingkatkan Disiplin Prokes dan Tertib Berlalu lintas”.
Diakui Kapolres Eko, kegiatan Operasi Zebra Lancang Kuning tahun 2021 akan berlangsung selama 2 pekan, dimulai dari 15 hingga 28 November 2021.
“Disini kita akan lakukan penegakan hukum, dimana kita akan memastikan bahwa orang yang akan melakukan mobilisasi nanti sudah dilengkapi dengan vaksin serta penerapan Protokol kesehatan, penegakan hukum yang akan kita lakukan adalah berupa teguran dan penegakan hukum terakhir, dan nanti akan dilakukan penilangan apabila warga yang melakukan mobilisasi tidak mematuhi dan mengindahkan apa yang menjadi harapan kita” ungkap Kapolres.
Lanjut Kapolres, operasi zebra kali yang lebih di utamakan adalah penegakan hukum, khususnya dalam memutus mata rantai penyebaran Covid-19 menjelang Natal dan Tahun baru.
“Untuk wilayah perbatasan, kendaraan yang berasal dari luar Provinsi dan Kabupaten Rohul akan menjadi prioritas utama seperti halnya berupa plat yang selain BM, dalam penindakannya juga akan dilakukan putar balik bagi kendaraan yang tidak melengkapi persyaratan yang sudah menjadi ketentuan,” Tambahnya.
Masih ditempat yang sama, Kasat Lantas Polres Rohul AKP Bagus Harry Priyambodo, SIK menjelaskan terdapat 82 Personil Polres Rohul yang akan terjun langsung dalam pelaksanaan operasi Zebra 2021
“Tugasnya yakni melakukan penertiban Protokol Kesehatan, Penertiban berlalu lintas dengan fokus berupa pelanggaran yang bisa menyebabkan kecelakaan atau fatalitas kecelakaan dalam berlalu lintas,” Jelasnya.