UMK Rohul Tahun 2022 Sebesar Rp 2.986.863.49

PASIRPENGARAIAN – Setelah sebelumnya diusulkan oleh Dewan Pengupahan Kabupaten Rokan Hulu, akhirnya Pemerintah Provinsi Riau umumkan Upah Minimum Kabupaten (UMK) Negeri Seribu Suluk.
Melalui SK Gubri pertanggal 30 November 2021 lalu, ditetapkan besaran UMK Rokan Hulu sebesar Rp.2.986.863.49, tentu angka lebih kecil dibandingkan usulan Dewan Pengupahan Kabupaten Rokan Hulu yang berjumlah Rp 3.010.855.01.
Diakui Kepala Dinas Koperasi, UKM Tenaga Kerja dan Transmigrasi Rokan Hulu, Zulhendri mengatakan bahwa UMK yang ditetapkan oleh Pemprov Riau akan berlaku sejak Januari 2022 mendatang.
“Sudah kita sepakati dan tidak ada masalah dengan angka dan pemberlakuannya untuk di tahun depan,” Kata Zulhendri, Ahad (05/12).
Lanjut Zulhendri, pemberlakuan UMK yang baru saja ditetapkan oleh Pemprov Riau hanya diterapkan bagi tenaga kerja baru, bukan tenaga kerja lama.
“Untuk tenaga kerja baru, bukan yang sudah lama bekerja,” Tambahnya.
Terkait Perusahan yang belum menyesuaikan angka UMK yang telah ditetapkan, Zulhendri menegaskan untuk segera melapor agar ditindaklanjuti.
“Diharapkan agar perusahaan-perusahaan yang ada di  Kabupaten Rokan Hulu untuk tidak melakukan penerapan upah di bawah angka yang sudah ditentukan,” Pungkasnya.
Dijelaskan Zulhendri lagi, terkait perbedaan besaran UMK di masing-masing Kabupaten, tentunya hal itu tidaklah menjadi persoalan, hal itu disebabkan perbedaan rumus penghitungan yang digunakan oleh Pemprov Riau dalam penghitungan jumlah upah.