Bupati Sukiman Serahkan Bantuan Kepada Korban Bencana Angin Puting Beliung

PASIRPENGARAIAN – Melalui Dana Belanja Tidak Terduga (BTT) tahun 2021, Bupati Rokan Hulu (Rohul), H Sukiman serahkan secara langsung bantuan kepada korban Bencana Alam Angin Puting Beliung yang terjadi pada beberapa bulan di Kecamatan Rambah, Rokan Hulu.
Penyerahan bantuan dilakukan secara simbolis di Pendopo Rumah Dinas Bupati Rokan Hulu, Komplek Pemda Pasir Pengaraian, Kamis (09/12) sore.
Turut hadir dalam penyerahan bantuan, Asisten I Setda Rohul, Erfan Dedi Sanjaya, Kepala Dinas Komunikasi dan Informasi, Drs Yusmar M.Si, Plt BPBD Rohul, Afrizal S. Sos dan penerima bantuan.
Sebelumnya, Bupati Sukiman mengucapkan permintaan maaf kepada masyarakat Kabupaten Rokan Hulu yakni Korban bencana Angin Puting Beliung, karena bantuan yang diserahkan sedikit terlambat dari waktu bencana.
“Tidak bisa diberikan secara langsung, Harus melalui prosedur administrasi, sehingga bantuan yang diserahkan terbilang lama,” Kata Bupati.
Walaupun sedikit lama, Bupati berharap bantuan yang diserahkan kepada korban bencana alam puting beliung dapat dimanfaatkan dengan baik.
“Jangan dilihat dari besarnya, namun ini adalah bentuk kepedulian Pemerintah terhadap masyarakat Kabupaten Rokan Hulu,” Tambah Bupati.
Dalam kesempatan itu, Bupati juga mengingatkan kepada masyarakat Kabupaten Rokan Hulu untuk tetap menerapkan Protokol Kesehatan, apalah lagi menjelang Natal dan Tahun baru.
Masih ditempat yang sama, Plt BPBD Rohul, Afrizal S.Sos menjelaskan, terdapat tiga Desa yang mengalami bencana Alam Puting Beliung pada beberapa bulan lalu dan menerima bantuan dari Pemerintah Kabupaten Rokan Hulu.
“Ada tiga Desa, Pertama itu Desa Koto Tinggi sebanyak 17 KK, Kelurahan Pasir Pengaraian sebanyak 2 dan Desa Pematang Berangan sebanyak 109 KK,” Jelas Afrizal.
Dijelaskannya lagi, setiap Keluarga penerima bantuan, mendapatkan nominal jumlah bantuan yang berbeda-beda, sesuai dengan kerusakan rumah yang diakibatkan oleh bencana Alam Angin Puting Beliung.
“Berbeda-beda, ada yang 5 Juta, 6 Juta atau belasan juta sesuai kerusakan rumah yang dialami, dan pada kesempatan ini bantuan yang diberikan dengan total sebesar Rp 219 Juta,” Tambah Afrizal.