Kunker ke Rohul, Gubri Mendapat Gelar Datuk Sutan Sotio Amanah Tuah Nogoi

KEPENUHAN – Bentuk apresiasi kepada Gubernur Riau, H Syamsuar, M.Si, keluarga Bangsawan dan Masyarakat adat Luhak Kepenuhan Kabupaten Rokan Hulu (Rohul) memberi gelar Datuk Sutan Sotio Amanah Tuah Nogoi kepada orang Nomor satu di Provinsi Riau tersebut.

Penabalan gelar sendiri dilakukan di Balai Adat Luhak Kepenuhan, Kecamatan Kepenuhan Rokan Hulu, Sabtu (14/05) siang.

Dalam kata sambutannya, Gubri mengucapkan terima kasih kepada Keluarga Bangsawan Luhak Kepenuhan dan mengaku akan menjaga dengan baik atas gelar yang telah diberikan kepadanya.

“Saya berjanji tidak akan mengkhianati adat, bagi saya pribadi tidak mungkin berkhianat. Doakan saya agar bisa menjalankan amanah ini,” kata Gubri Syamsuar.

Pria asal Kabupaten Siak itu juga menegaskan, terkait komitmennya membangun Provinsi Riau yang lebih baik lagi dengan pengembangan adat Budaya leluhur, yakni Melayu.

“Salah satu contohnya, dengan memasukkan budaya Melayu sebagai muatan lokal dalam kurikulum sekolah. Ini sangat penting agar anak-anak kita tidak kehilangan identitas diri,” tegas Gubri.

Masih pada agenda yang sama, Gubri Syamsuar menjelaskan bahwa tradisi Melayu Riau sudah banyak diakui bahkan oleh dunia melalui UNESCO.

“Misalnya pantun, itu sudah diakui UNESCO sebagai warisan dunia. Ada juga Tanjak yang sudah diakui Kemendiknas sebagai Warisan Budaya Tak Benda (WBTB). Masih banyak yang lain,” sebut Gubri.

Sementara itu, pimpinan Keluarga Bangsawan Luhak Kepenuhan Juntuan Mudo (Raja yang dipertuan muda-Red) mengucapkan terima kasih atas kehadiran dan kesediaan Gubri menerima gelar adat, dengan pemberian gelar ini maka tertumpang harapan besar untuk memajukan adat istiadat khususnya di Luhak Kepenuhan.

“Bagi kami ini adalah sebuah penghormatan karena hari ini sejarah baru di balai adat luhak kepenuhan dimana Gubernur Riau langsung hadir. Kehadiran Bapak Gubernur di sini seolah menambah darah segar bagi kami untuk bersama-sama membangun negeri ini,” ucapnya.

Sementara itu, tampak hadir pada penambalan gelar Gubri, Bupati Rohul Sukiman, kepala dinas kebudayaan, Yoserizal Zen dan kepala dinas kominfo, Erisman Yahya Provinsi Riau, Sekretaris Daerah Rokan Hulu, M. Zaki, Kepala Dinas dan Badan di Lingkungan Pemkab Rohul, serta para datuk dan tokoh adat dari lima Luhak di Rokan Hulu.