Peringati HUT IGTKI ke-72, Bupati Sukiman : Mari Menjadi Guru penggerak

PASIRPENGARAIAN – Melalui Hari Ulang Tahun (HUT)  Ikatan Guru Taman Kanak-kanak Indonesia (IGTKI) ke-72 tahun, Bupati Rokan Hulu (Rohul), H Sukiman ajak seluruh Guru TK se Kabupaten Rokan Hulu untuk menjadi Guru penggerak.
Kegiatan peringatan HUT IGTKI yang dibarengi dengan agenda halal bi halal bersama guru TK se Kabupaten Rokan Hulu itu dilaksanakan di Convention Hall Masjid Agung Islamic Center, Rohul, Jumat (27/05).
Pada HUT ke-72 ini juga, IGTKI Kabupaten Rokan Hulu mengusung tema “Bangkit Guruku, Maju Negeriku” GPRI Bersama bergerak membangun generasi emas Indonesia.
Dalam pantauan awak media, turut mendampingi Bupati, Bunda PAUD Kabupaten Rokan Hulu, Hj Peni Herawati, Wakil Bupati Rokan Hulu, H Indra Gunawan, Sekda Rohul, M Zaki, Kepala Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga Rohul, Margono dan ratusan guru TK se Kabupaten Rokan Hulu.
Bupati Rohul, H Sukiman pada kata sambutannya mengucapkan selamat Hari Ulang Tahun IGTKI ke-72 untuk seluruh guru TK  se Kabupaten Rokan Hulu.
“Semoga semakin sukses dan jaya dan dapat menjadi penggerak kemajuan pendidikan awal bagi putra-putri yang ada di Negeri Seribu Suluk ini,” kata Bupati.
Dalam rangka memperingati lahirnya IGTKI, Bupati Sukiman juga mengajak kepada seluruh guru TK untuk tidak lelah berusaha menjadi guru yang lebih baik lagi, agar dapat melahirkan generasi emas yang lebih kompeten, mampu menjadi kebanggaan dan mengharumkan nama Rokan Hulu sekarang dan untuk masa yang akan datang.
“Saat ini terdapat sekitar 800 guru TK yang tersebar di seluruh pelosok Rokan Hulu, namun hanya sedikit guru yang mampu menjadi guru penggerak,  untuk itu kami mengajak para guru TK semua untuk menjadi guru penggerak, minimalnya satu sekolah satu guru penggerak,” tambah Bupati.
Dihadapan ratusan guru TK se Kabupaten Rokan Hulu, H Sukiman berpesan agar guru penggerak mampu menciptakan individu yang dapat mengembangkan peserta didik dengan refleksi, dan pembelajaran secara mandiri maupun kelompok.
“Yakni guru yang mampu menggerakkan ekosistem pendidikan dengan membuka banyak kolaborasi, dapat mendorong tingkat kepemimpinan peserta didik, agar menjadi pribadi yang lebih aktif dan percaya diri dan yang lebih utama dapat menciptakan format pembelajaran yang menyenangkan,” pungkas Bupati mengakhiri.
Masih di tempat yang sama, Ketua IGTKI PGRI Rohul, Syah Yoe Seva mengaku sangat berterima kasih kepada Bupati beserta rombongan yang berkesempatan hadir dalam HUt IGTKI ke72 Tahun
Diakuinya saat ini masih banyak guru-guru TK se Kabupaten Rokan Hulu masih terbilang belum sejahtera, yakni menerima upah gaji jauh dibawah UMR.
“Oleh karena itu kami meminta kepada Bupati untuk dapat memperhatikan guru-guru TK yang ada di Kabupaten Rokan Hulu ini,” jelasnya.
Walau mendapat gaji dibawah UMR, Syah Yoe Seva juga mengatakan bahwa Guru TK yang ada di Negeri Seribu Suluk tetap bersemangat mendidik anak negeri untuk dapat menciptakan generasi emas yang cemerlang.