Pengabdian Masyarakat, Mahasiswa UPP Berbagi Ilmu Pengolahan Sampah

PASIRPENGARAIAN – Mahasiswa Manajemen Bangun Purba Fakultas Ekonomi, Universitas Pasir Pengaraian (UPP) berikan presentasi tata cara pengolahan sampah ditengah masyarakat.
Presentasi atau sosialisasi kegiatan tersebut mengusung tema ” mengubah sampah pasar tradisional menjadi pupuk kompos” di kantor Desa Bangun purba, Kecamatan Bangun Purba,Kab Rokan Hulu pada Senin (27/06).
Kegiatan ini merupakan salah satu pengabdian mahasiswa Manajemen Fekon UPP ditengah masyarakat guna meminimalisir sampah yang ada di pasar tradisional.
Maya Sartika, mahasiswa Manajemen Fekon UPP mengatakan, bahwa kegiatan tersebut merupakan final project dari mata kuliah Teknopreneur III di Fakultas Ekonomi Universitas Pasir Pengaraian
“Kegiatan ini bertujuan untuk membentuk Manajemen dan penganggaran pengelolaan sampah pasar menjadi sesuatu yang bermanfaat. Kami mengubah sampah organik menjadi pupuk kompos,” tuturnya.
Diakuinya pupuk kompos berguna untuk menambah zat organik dalam tanah sehingga tanaman bisa tumbuh lebih subur. Selain itu, pupuk kompos juga mampu menyeimbangkan pH tanah, mengontrol suhu tanah, mengurangi erosi tanah, dan membantu tanaman menyerap nutrisi di sekitarnya dengan lebih maksimal.
Sementara itu, Sekdes Bangun Purba, Risman mengutarakan, bahwa Pemerintah Desa Bangun Purba sangat mendukung kegiatan baik mahasiswa UPP dalam pengelolaan sampah organik menjadi pupuk.
“Dari hasil presentasi yang telah dipaparkan oleh mahasiswa UPP, kedepannya Pemerintah Desa Bangun Purba akan membuat agenda atau program kerja untuk pengolahan sampah dalam upaya penghijauan di Desa Bangun Purba,” ungkap nya.
Sebagai informasi, kegiatan presentasi pengolahan sampah organik menjadi pupuk kompos ini diikuti oleh 8 mahasiswa prodi Manajemen dari Kecamatan Bangun Purba Fekon UPP semester 4.