Buka Rankerda PKK, Berikut Harapan Bupati Rohul

PASIRPENGARAIAN – Bupati Rokan Hulu (Rohul), H Sukiman membuka secara umum rapat kerja daerah (Rakerda) Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (PKK) Kabupaten Rokan Hulu Tahun 2022, Selasa Malam (28/06) di Pendopo Rumah Dinas Bupati Rohul, Komplek Pemda Rohul, Pasir Pengaraian.
Dalam kata sambutan Bupati, H Sukiman mengucapkan terima kasih dan mengapresiasi serta memberi penghargaan kepada seluruh pengurus tim penggerak PKK, mulai dari tingkat Desa atau Kelurahan, Kecamatan maupun Kabupaten yang telah bekerja keras dan ikhlas membantu Pemerintah Kabupaten Rokan Hulu dalam melaksanakan dan mensukseskan program pembangunan, yang tentunya sudah diselaraskan dalam 10 program pokok PKK.
“Sebagai mitra kerja Pemerintah daerah dalam hal meningkatkan kesejahteraan keluarga, PKK tentunya juga harus punya rencana dan program kerja strategis, dimana PKK diharusakan untuk mampu mengevaluasi program kerja yang telah berjalan selama ini,” kata Bupati.
Kepada seluruh pengurus PKK, Bupati Sukiman berharap mampu merumuskan kembali program-program PKK yang strategis dan inovatif, tepat arah, dan tepat sasaran, serta berdaya guna dan berhasil secara optimal, efisian dan efektif.
“Tentunya dapat sejalan dan selaras dengan visi dan misi Kabupaten Rokan Hulu yaitu masyarakat makmur menuju Rokan Hulu maju,” tambahnya.
Masih ditempat yang sama, Ketua TP PKK Rohul, Peni Herawati, mengakui Rapat Kerja Daerah (Rakerda) PKK ini  didakan sekali dalam lima tahun, sebagai tindak lanjut dari pelaksanaan Rapat kerja Nasional (Rakernas) IX Tahun 2021 di Jakarta, dan surat Ketua TP-PKK Provinsi Riau Nomor 11/skr/PKK.ProvI/2022 Tanggal 26 Januari 2022.
“Sebagai mitra Pemerintah Kabupaten Rokan Hulu, TP-PKK Kabupaten Rokan Hulu perlu melakukan penyelarasan kebijakan, agar dapat berperan aktif dalam menyukseskan program-program pemerintah,” jelas Ketua TP PKK Rohul.
Ketua TP PKK Rohul sekaligus Bunda PAUD Rohul itu juga mengatakan pada pelaksanaan Rakerda ini juga akan dibahas sinergitas antara TP-PKK dengan para perangkat daerah yang menjadi mitra, sehingga akan terwujud keselarasan dalam pelaksanaan program yang telah disepakati.
“Sehingga penting kamk sampaikan kepada semua pokja baik di tingkat Kabupaten maupun Kecamatan dan Desa untuk harus memiliki target capaian yang jelas dan rasional dan menguasai tugas dan fungsi masing-masing terutama dalam pelaksanaan program kerja TP-PKK,” ungkap Hj Peni.
Untuk mendukung seluruh program kerja TP PKK, wanita berparas lrmah lembut itu berharap kepada seluruh OPD terkait untuk dapat mendukung penuh kegiatan PKK sehingga keberadaan PKK benar-bemar menyentuh langsung terhadap kepentingan masyarakat terutama tentang 10 program PKK.
“Salah satunya tentang program pengentasan stanting yang saat ini masih perlu tindakan nyata ditengah-tengah masyarakat dan sesuai dengan target kita bersama, dimana masalah stanting ini tahun 2024 akan selesai dengan capaian mencapai angka 14 persen,” ungkapnya.