Mantan Rektor UPP Pimpin Sekolah Pascasarjana UNILAK

PEKANBARU – Tepat pada Jumat berkah ini, Dr. Adolf Bastian, S.Pd., M.Pd resmi dilantik sebagai Dekan Sekolah Pascasarjana Universitas Lancang Kuning (UNILAK) Pekanbaru, Jumat (08/07) di Aula Perpustakaan.
Turut hadir dalam acara Ketua Yayasan Raja Ali Haji Prof. Dr. Ir. H. Irwan Effendi, M.Sc. yang melantik dan mengambil sumpah dan Rektor Dr. Junaidi, SS, M.Hum, para Dekan, Kaprodi dan undangan sivitas akademika UNILAK.
Diawali pada tahun 2013 – 2014 Pascasarjana berdiri dengan Program Studi Magister Ilmu Manajemen dan Hukum. Terbaru 2022 berdiri pula Program Studi Magister Ilmu Lingkungan sebagai jawaban kebutuhan ahli lingkungan di provinsi Riau.
Walaupun telah memiliki beberapa Program Studi, nyatanya unilak tidak berpuas diri, melainkan terus berinovasi menuju tercapainya visi besar Unilak, unggul ditingkat Nasional 2030.
Salah satu bentuk inovasi yang dikembangkan adalah merubah Program Pascasarjana menjadi Sekolah. Perubahan bentuk diikuti dengan rencana strategis pendirian berbagai Program Studi unggulan magister dan doktor, baik pengembangan bidang Ilmu Murni, Ilmu Sosial maupun Ilmu terapan multidisipliner.

Dengan merubah bentuk menjadi sekolah Pascasarjana, diharapkan Unilak akan semakin maju dan berkembang serta berkualitas, sehingga Pascasarjana akan menjadi etalase pusat keunggulan, pengembangan keilmuan dan teknologi serta budaya, seperti arahan dan harapan ketua yayasan prof Irwan Effendi.
Sementara rektor Unilak dalam arahannya berpesan agar pemimpin Pascasarjana yang dilantik, menjaga kekompakan, bersinergi dengan semua komponen kampus dan luar kampus serta mampu mendobrak tembok penghalang kesuksesan terutama tembok pikiran yang menjadi penghalang untuk melahirkan gagasan/ide dan mengimplementasikannya dalam tindakan nyata.
Dalam menuju pencapaiannya, Dr Adolf Bastian sangat optimis Pascasarjana akan mengukir prestasi terbaik karena selain didukung penuh oleh yayasan dan rektor, juga dibantu oleh para doktor-doktor muda, energik dan cerdas, menjadikan Pascasarjana sebagai etalase yang membawa kampus Unilak menjadi tempat kuliah orang-orang sukses, sesuai mottonya, Unilak kampusnya orang sukses.
Adapun pejabat sekolah Pascasarjana yang dilantik, Dr. Anto Ariyanto, S.Si., M.Si. Wakil Dekan 1 membidangi Akademik dan Kemahasiswaan, Dr. Nurliana Nasution, S.T., M.Kom., MTA., MCF., Wakil Dekan 2 membidangi Keuangan dan Umum, dan Muhammad Rasyid Abdillah, Ph.D., Wakil Dekan III bidang Riset dan Publikasi. Sedangkan Dr. Jeni Wardi, S.E., M.Ak., Ak., CA., APCA., Ketua Program Studi Magister Manajemen, Hurhayani Lubis, S.E., M.Si., CPHCM., Sekretaris, Dr. Irawan Harahap, S.H., S.E., M.Kn. sebagai Ketua Program Studi Magister Ilmu Hukum, Silm Oktapani, S.H., M.H., Sekretaris, Dr. Rina Novia Yanti, S.Hut., M.Si., Ketua Program Studi Magister Ilmu Lingkungan dan Dodi Sukma R.A., S.Hut., M.Si., sebagai Sekretaris.

Pada saat wawancara dengan awak media, Dr. Adolf mengatakan bahwa, amanah yang diberikan kepadanya merupakan sebuah tanggung jawab yang besar.
“Tentunya ini bukanlah hal yang mudah, akan tetapi kita semua harus dapat bersinergi untuk melaksanakan amanah dan tanggung jawab yang telah percayakan kepada kami dalam empat tahun kedepan,” kata anak jati Rokan Hulu.
Diakui mantan rektor yang sukses sebagai pencetus Kampus Technopreneur Universitas Pasir Pengaraian (UPP) itu, bahwa kedepan dia bersama tim akan melakukan pengembangan dalam bentuk penambahan program studi magister dan doktor, peningkatan kualitas layanan dan mutu lulusan, pemantapan tata kelola berbasis teknologi digital, penyelesaian pembangunan sarana dan prasarana Sekolah Pascasarjana yang moderen, sehingga keberadaan Pascasarjana unilak akan menjadi pilihan masyarakat, melanjutkan pendidikan pada jenjang yang lebih tinggi setelah sarjana.

 

“Harapan dan cita-cita ini tidak dapat dilakukan oleh seorang dekan saja, melainkan kerja keras dan komitmen dari para pejabat yang telah dilantik, karena ini merupakan satu kekuatan bagi Sekolah Pascasarjana untuk menjadikan Pascasarjana unilak sebagai tujuan, tempat melanjutkan Pendidikan yang dipercaya oleh masyarakat,” sebut nya.
“Terakhir kami mengajak dan menunggu putra putri terbaik Provinsi Riau untuk bergabung di Sekolah Pascasarjana Universitas Lancang Kuning, Kampus kebanggaan masyarakat Provinsi Riau,” pungkasnya mengakhiri.