Kecamatan Bangun Purba Gelar Berbagai Lomba Sambut Peringatan Kemerdekaan RI

PASIRPENGARAIAN – Bersempena semarak perayaan Hari Ulang Tahun (HUT) Republik Indonesia ke – 77, Pemerintah Kecamatan Bangun Purba Kabupaten Rokan Hulu (Rohul) gelar Apel bersama, Kamis (11/08) di Halaman Kantor Camat Bangun Purba.
Dalam kesempatan kali ini, Wakil Bupati Rokan Hulu, H Indra Gunawan berkesempatan menjadi Pembina Apel, serta diikuti juga oleh Camat Bangun Purba Admiral Lubis, S.Pp, Kepala Desa se-Kecamatan Bangun Purba, beberapa Kepala Dinas dan Badan di Lingkungan Pemkab Rohul.
Selain menggelar Apel, Wakil Bupati Rokan Hulu H Indra Gunawan juga membuka secara resmi “Semarak Perayaan HUT RI ke-77 tingkat Kecamatan Bangun Purba”. Dimana dalam agenda ini akan dilaksanakan berbagai perlombaan dan kegiatan guna memeriahkan Kemerdekaan.
Diakui Wakil Bupati Rohul, H Indra Gunawan, Pemerintah Kabupaten Rokan Hulu sangat mengapresiasi atas terselenggaranya kegiatan tersebut, sehingga masyarakat dapat kembali merasakan kemeriahan perayaan kemerdekaan RI, sesuai dengan tema pada HUT RI kali ini, yakni “Pulih Lebih Cepat, Bangkit Lebih Kuat”
“Kegiatan perayaan HUT RI yang digelar disamping untuk mengenang, menghargai dan menghormati jasa para pahlawan dalam merebut kemerdekaan, kegiatan ini juga hendaknya juga menjadi momen untuk melestarikan budaya dan tradisi masyarakat sehingga terus terselenggara di tengah-tengah masyarakat kita,” kata Wabup.
Selain dari mengenang jasa para Pahlawan, Wabup Indra Gunawan juga mengakui kegiatan seperti ini juga merupakan wujud semangat nasionalisme dari dalam diri setiap masyarakat itu sendiri.
“Keterlibatan masyarakat dalam memeriahkan HUT RI ini membuktikan partisipasi untuk turut berinovasi dan berkreasi dalam merayakan HUT  kemerdekaan ini sangatlah tinggi, sehingga kita perlu beri apresiasi,” tambah Wabup.
Dalam kesempatan yang sama, pria yang akrab disapa Ujang Lurah itu juga menghimbau kepada seluruh masyarakat yang mengikuti kegiatan ini untuk tetap menjaga sportifitas, sehingga meriahnya kegiatan 17 Agustus di Kecamatan Bangun Purba tetap berjalan dengan aman, sukses dan lancar.
Sementara itu, Camat Bangun Purba Admiral Lubis yang diwakili ketua panitia HUT RI Bangun Purba, Reski Nasution SE mengatakan perlombaan HUT RI yang mereka adakan diperuntukkan untuk antar Instansi, PKK, Himpaudi dan juga kecamatan bangun purba.
“Perlombaan ini dilaksanakan selama 3 hari yang dimulai dari hari Kamis 11 Agustus,  Sabtu 13 Agustus dan Senin 15 Agustus 2022. Dan untuk pemenangnya akan mendapatkan hadiah Tropi, piagam dan uang pembinaan,” kata Reski.
Lanjutnya, adapun beberapa perlombaan yang diperlombakan yakni Voly Ball putra/putri, lomba menggambar, lomba pindah tepung, lari estafet untuk para anak TK dan paud, dan banyak lagi.
“Pada tahun lalu di HUT RI kita tidak mengadakan perlombaan seperti ini,  dikarenakan masih dalam kondisi Covid-19, tahun inilah baru kami laksanakan kembali,” pungkasnya.