Pelaku UMKM dan Kepala Sekolah se Rohul Ikuti Sosialisasi Program KUR, Asuransi Usaha Tetnak dan Satu Rekening Satu Pelajar

PASIRPENGARAIAN – Guna mendukung ekonomi di era digital dan menggali potensi ekonomi daerah yang bisa dikembangkan dan disebarluaskan dengan menggunakan produk dan layanan Otoritas Jasa Keuangan (OJK) dan Bank Indonesia (BI), Tim Percepatan Akses Keuangan Daerah(TPAKD) kabupaten Rokan Hulu(Rohul) Tahun 2022 gelar sosialisasi Program KUR, Asuransi Usaha Ternak Sapi dan Satu Rekening Satu Pelajar di Convention Hall Masjidil Islamic Center Rohul, Pasir Pengaraian.
Sosialisasi dibuka langsung oleh Bupati Rokan Hulu, H Sukiman diwakili oleh Asisten II Bidang Ekonomi  Pembangunan Setda Rohul H.Ibnu Ulya M,Si, Rabu(07/09).
Dihadapan peserta sosialisasi,  H.Ibnu Ulya M,Si mengatakan peranan pemerintah daerah sangat besar dalam pemberdayaan masyarakat, banyak sekali usaha masyarakat yang bisa dikatakan potensial dan harus dikembangkan, namun terkendala oleh permasalahan teknis usaha, kualitas industri dan permodalan. Oleh karena itu, sosialisasi ini merupakan salah satu wujud usaha kita bersama untuk meminimalisir dampak tersebut.
“Disinilah peran tim percepatan akses keuangan daerah (TKPAKD) untuk mendorong atas ketersediaan akses keuangan yang luas kepada masyarakat dalam rangka mendukung ekonomi daerah dan menggali potensi ekonomi daerah yang bisa dikembangkan dan disebarluaskan dengan menggunakan produk dan layanan jasa keuangan di Kabupaten Rokan Hulu,” kata Ex Kadis Pendidikan Pemuda dan Olahraga, Rohul tersebut.
Lanjut Pria yang akrab disapa Ulya itu, Otoritas Jasa Keuangan (OJK) dan BI telah melakukan beberapa program yang telah diusung, salah satunya strategi supaya penyaluran Kredit Usaha Rakyat (KUR) menjadi optimal. Dimana penyaluran KUR berawal ke usaha yang debitur atau perorangan baru berdiri atau start up, kreatif atau super mikro.
“Untuk itu kami berharap potensi-potensi yang telah diusungkan dalam peningkatan penyaluran KUR disektor produksi. tentunya berpotensi mendorong pertumbuhan sektor usaha mikro kecil dan menengah di Kabupaten Rokan Hulu yang kita cintai ini,” tambahnya.
Dengan adanya sosialisasi ini, Ulya juga berharap dapat memberikan dampak baik bagi perubahan percepatan akses keuangan di Kabupaten Rokan Hulu yang tentu juga dapat menambah wawasan dan pengetahuan tentang pentingnya tata kelola keuangan yang benar sehingga akses keuangan formal bisa dinikmati oleh segenap pelaku usaha.
“dengan kemampuan tata kelola keuangan yang baik tersebut, berbagai fasilitas keuangan yang disediakan pemerintah mampu terserap ke seluruh pelaku usaha yang ada di kabupaten Rokan Hulu, sehingga bisa mewujudkan keluarga yang sejahtera,” sebut Ulya.
Sementara itu Kepala OJK Erwin setiadi menambahkan bahwa seluruh perbankan industri jasa keuangan juga termasuk ke dalam tim yang berfungsi mempercepat akses keuangan kepada UMKM masyarakat juga meningkatkan inklusi keuangan dan literasi peningkatan kesejahteraan masyarakat.
“kita Seperti ini buktinya Apa karena belum adanya perbankan atau mungkin ketika kita belum mengenal perbankan tabungan kita
Acara di hadiri oleh perwakilan Bank BRI,Bank Riau Syariah,Bank Syariah Mandiri,Guru dan Kepala sekolah se Rohul, kelompok ternak sapi serta seluruh anggota TPAKD Rohul.