Demi Ikut UTS, Siswa di Bonai Lewati Banjir Untuk Sampai ke Sekolah

PASIRPENGARAIAN – Siswa-siswi SD Negeri 003 Bonai Darussalam, Rokan Hulu (Rohul) terpaksa melewati genangan air banjir untuk dapat mengikuti ujian Tengah Semester.
Genangan air banjir tidak membuat semangat puluhan hingga ratusan siswa SD Negeri 3 Bonai Darussalam surut untuk mengikuti Ujian Tengah Semester. Dengan meniti jembatan yang terbuat dari papan, siswa SD tersebut melewati genangan banjir sambil memegang tangan TNI dan Polri yang membantu siswa untuk berangkat ke sekolah.
Terletak di Hilir sungai Rokan, banjir sudah menjadi bencana alam yang kerap terjadi di Kecamatan Bonai Darussalam, Rokan Hulu. Sehingga daerah yang berbatasan langsung dengan Duri tersebut sudah menjadi wilayah yang sering terjadi banjir kiriman dari Hulu Sungai pada setiap tahunnya.
Disampaikan Babinsa Koramil 10 Kunto Darussalam Koptu Jantri Istani, Selasa (05/12), sebanyak 3 tempat fasilitas umum seperti Sekolah SD Negeri 003 Bonai Darussalam, PAUD Kasih Bunda serta 1 Posyandu dan 53 rumah di Desa Kasang Mungkal Kecamatan Bonai Darussalam Kabupaten Rokan Hulu Riau digenangi banjir sejak Senin (04/12).
“Masih tingginya curah hujan di wilayah Kabupaten Rokan Hulu khususnya di Kecamatan Bonai Darussalam menyebabkan meluapnya aliran Sungai Rokan, saat ini ketinggian air mencapai 35 hingga 40 sentimeter, terangnya kepada awak media.
Bentuk kepedulian terhadap siswa yang hendak melewati banjir, diakui Koptu Jantri Bintara Pembina Desa (Babinsa) Koramil 10 Kunto Darussalam Kodim 0313/KPR bersama Bhabinkamtibmas Polsek Bonai Darussalam rela menerjang banjir demi mengantar dan menjemput siswa untuk melewati banjir.
“Nggak masalah basah-basahan, yang terpenting siswa bisa ke sekolah untuk mengikuti UTS,” tambahnya.
Walaupun sejauh ini tidak terdapat korban jiwa dalam kejadian banjir tahunan di Bonai, namun Koptu Jantri tetap menghimbau kepada warga agar tetap waspada dengan adanya banjir di Kecamatan Bonai.
“Saya berharap kepada pihak terkait, kiranya dapat memberikan bantuan atau solusi tentang banjir yang yang selalu menggenangi fasilitas umum dan rumah warga ini,” ungkapnya.