Hadiri Rapat Pleno Terbuka Pemilu 2024, Sukiman : Pemilu Untuk Masa Depan Bangsa

PASIRPENGARAIAN – Bupati Rokan Hulu (Rohul), H Sukiman hadiri Rapat Pleno Terbuka Rekapitulasi hasil penghitungan perolehan suara tingkat Kabupaten Rokan Hulu pada Pemilihan Umum (Pemilu) tahun 2024, Kamis (29/02) di Hotel Sapadia, Pasir Pengaraian.
Turut hadir dalam pembukaan rapat Pleno, Ketua KPU Provinsi Riau, Rusidi Rusdan, Kapolres Rokan Hulu, AKBP Budi Setiyono SIK Mh, Kajari Rokan Hulu, Fajar Haryowimbuko MH, Pabung Mayor Inf Andre Suardi, S.Sos, Kepala PN Pasir Pengaraian, Rony Suata MH, Ketua Bawaslu Rohul, Fajrul Islami MH dan Pimpinan KPU Kabupaten Rokan Hulu serta Panwascam se Kabupaten Rokan Hulu lainnya.
Dalam pelaksanaan Rapat Pleno Rekapitulasi hasil Suara Pemilu tingkat Kabupaten Rokan Hulu, Ketua KPU Riau, Rusidi Rusdan berharap kepada seluruh peserta rapat pleno dapat menjaga kondusifitas selama pelaksanaan Rapat Pleno dilaksanakan.
“Apabila terdapat data yang tidak sinkron, maka disampaikan. KPU juga memberi tempat dan ruang bagi para saksi untuk menyampaikan keberatan apabila terdapat data yang tidak sinkron, dan KPU akan mengakomodir atas keberatan tersebut,” ungkapnya.
Sementara itu, Bupati Rohul, H Sukiman mengatakan bahwa Pemilu merupakan salah satu momentum yang bersejarah, dimana momentum ini masyarakat demokratis telah menggunakan hak suaranya untuk menentukan masa depan bangsa dan daerah.
“Pemilihan Umum merupakan tonggak penting dalam perjalanan demokrasi kita, yang memungkinkan suara rakyat menjadi penentu arah kebijakan dan pembangunan di Republik Indonesia ini,” jelas Bupati.
Rapat rekapitulasi penghitungan perolehan suara disampaikan Bupati juga sebagai bukti nyata dari komitmen bersama untuk menjunjung tinggi prinsip demokrasi. Yang mana dalam rapat ini, kita akan meneliti, mengkaji, dan merumuskan hasil perolehan suara dengan cermat dan teliti, sesuai dengan prinsip keadilan dan transparansi.
“Oleh karena itu, kami mengajak seluruh pihak yang terlibat dalam proses Pemilu 2024 untuk menjaga sikap netralitas, profesionalitas, serta integritas. Mari lakukan tugas dengan penuh tanggung jawab dan rasa keadilan, tanpa memandang perbedaan dan kepentingan politik,” tambah Bupati.
Dari hasil rapat Pleno terbuka Pemilu 2024 di tingkat Kabupaten Rokan Hulu nantinya, Bupati Sukiman berpesan untuk dapat menerima hasil dengan berlapang dada.
“Kepada yang menang, jangan cepat berpuas diri, dan kepada yang belum menang, jangan berputus asa dan tetap semangat,” pesan Bupati
Selain itu, Orang nomor satu di Negeri Seribu Suluk ini juga mengucapkan terimakasih kepada yang terlibat dalam helatan Pemilu 2024 di Rokan Hulu, baik dari pihak TNI, Polri, Linmas, KPPS, Pengawas TPS dan seluruh masyarakat yang terlibat untuk menciptakan Pemilu yang damai.
“Semoga rapat ini berjalan lancar, aman, dan damai,” pungkas Bupati.
Masih ditempat yang sama, Ketua KPU Kabupaten Rokan Hulu, Elfendri menjelaskan bahwa Rapat Pleno Terbuka Rekapitulasi hasil penghitungan perolehan suara tingkat Kabupaten Rokan Hulu pada Pemilihan Pemilu tahun 2024 akan dilaksanakan selama 3 (tiga) hari.
“InshaAllah kita akan mengejar lebih cepat lagi, sehingga hasil Rapat Pleno ini bisa segera diantar ke tahapan Rapat Pleno di tingkat Provinsi Riau,” jelas Elfendri.
Atas suksesnya pelaksanaan Pemilu di Rokan Hulu, Ketua KPU juga mengungkapkan rasa terima kasihnya kepada seluruh pihak terutama pihak keamanan baik dari TNI, Polri, Linmas, Bawaslu, Kajari, Kalapas dam lainnya.