241 Jamaah Calon Haji Kabupaten Rokan Hulu Jalani Manasik Haji Tingkat Kecamatan

PASIRPENGARAIAN – Sebanyak 241 Jamaah Calon Haji (JCH) se Kabupaten Rokan Hulu (Rohul) melaksanakan manasik Haji menjelang pemberangkatan ke Tanah Suci Mekkah.
Disampaikan Plt Kakan Kemenag Rohul, Zulkifly Syarif melalui Kasi Penyelenggara Haji dan Umroh Kementerian Agama Kabupaten Rokan Hulu (Rohul), H Marthillevi Salah M.Sy, Senin (23/05) bahwa sebelum melaksanakan perjalanan ibadah ke Tanah Suci, Jamaah Calon Haji terlebih dahulu memperoleh bimbingan terkait rangkaian ibadah Haji dari Kementerian Agama.
“Oleh karena itu, pada hari ini dilaksanakan Manasik haji oleh Kemenag Rokan Hulu untuk wilayah di Negeri Seribu Suluk,” kata Marthillevi.
Diakuinya, dalam manasik haji kali ini Kementerian Agama Kabupaten Rokan Hulu membagikan 4 Rayon untuk 4 wilayah se Kabupaten Rokan Hulu.
“Ada 4 rayon, Rayon pertama itu untuk Calon Jamaah Haji di Wilayah Rambah, Rambah Samo, Bangun Purba dan Tambah Hilir,” jelasnya.
Sedangkan untuk Rayon II, wilayah Kecamatan Ujung Batu, Kabun, Tandan, Rokan IV Koto dan Pendalian.
“Untuk Rayon III itu di Kecamatan Kunto Darussalam, dibuat satu Kecamatan karena Jamaahnya banyak dan untuk Rayon IV melingkupi Kecamatan Tambusai, Tambusai Utara, Kepenuhan dan Kepenuhan Hulu,” tambahnya.
Lanjut Marthillevi lagi, Kegiatan manasik bagi Calon Jamaah Haji Kabupaten Rokan Hulu akan dilaksanakan selama 4 hari, dimulai pada Senin (23/05) hingga Kamis (26/05).
Sejauh ini tambah Marthillevi, persiapan keberangkatan Jamaah Calon Haji Kabupaten Rokan Hulu telah mencapai Manasik Haji Tingkat Kecamatan, yang selanjutnya akan diikuti dengan Manasik Haji tingkat Kabupaten pada tanggal 30 hingga 31 Juni 2022.
“Kalau untuk pemberangkatan, itu belum turun jadwalnya, apabila sudah keluar, maka akan segera kami infokan ke Calon Jamaah dan ke teman-teman media massa,” jelasnya.
Marthillevi mengakui terdapat pengurangan jumlah Calon Jamaah Haji Kabupaten Rokan Hulu di tahun ini dibandingkan dari tahun-tahun sebelumnya, dimana pada beberapa tahun lalu, kuota jamaah haji Kabupaten Rokan Hulu mencapai diangka 451 Jamaah, sedangkan tahun ini hanya 241 Jamaah.
“Untuk biaya haji tahun ini di wilayah Riau sebanyak Rp 39.686.000,” katanya.
Mengingat saat ini penyebaran pandemi Covid-19 belum tuntas, Marthillevi menjelaskan bahwa seluruh jamaah Calon haji selama penyelenggaraan haji tetap dengan menerapkan protokol kesehatan yang sangat ketat.